KONTRIBUSI PENGALAMAN BELAJAR DAN SIKAP VOKASI TERHADAP PRESTASI PKL SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontribusi pengalaman belajar dan sikap vokasi terhadap prestasi PKL pada siswa Kompetensi Keahlian Multimedia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis jalur. Sampel yang digunakan dalam peneitian sebanyak 200 siswa dari lima sekolah di Kota Malang berdasarkan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengalaman belajar dapat berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi PKL, dan (2) sikap vokasi dapat berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi PKL. Berdasarkan hasil tersebut, sikap vokasi lebih mendominasi kontribusinya terhadap prestasi PKL.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, E. (2013). Pengaruh Pengalaman Belajar Ekonomi, Praktik Kerja Industri, Literasi Ekonomi, dan Persepsi tentang
Dunia Kerja terhadap Sikap Produktif Siswa. (Unpublished master’s thesis). Pascasarjana Universitas Negeri Malang,
Malang.
Asfani, K., Suswanto, H., & Wibawanto, A.P. (2016). Influential factors of students’ competence. World Transactions on
Engineering and Technology Education, WIETE, 14(3), 416—420.
Bannet, T.M. (2006). Defining the Importance of Employability Skills in Career/ Technical Education. (Unpublished doctoral
dissertation). Alabama The Graduate Faculty of Auburn University, Auburn.
Dharma, S. & Siregar, R. (2015). Membangun Pengalaman Belajar Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Project
Citizen pada Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 100—106.
Etikasari, B., Suswanto, H., & Muladi. (2016). The relationships of Student Critical and Creative Thinking Skills towards
Capability of Installation Skill Local Area Network Competence of Vocational Student Computer and Network
Engineering Program. AIP Conference Proceedings 1778, 030038, 10—7.
Faridah. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Kedisiplinan dan Kompetensi Akuntansi terhadap Kinerja Pelaksanaan
Prakerin. Jurnal of Economic Education, 2(1), 1—8.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamalik, O. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jannah, U.M., Suswanto, H., & Handayani, A.N. (2016). Vocational High School Student’s Readiness to Work in Internet
Service Provider Enterprise: Based on Mastery Vocational Competence, Internship and Job Interest. AIP Conference
Proceedings 1778, 030044, 1—8.
Kusuma, A.A. (2015). Pengaruh Belajar di Bidang Keahlian Tata Busana, Pengetahuan tentang Perkembangan Trend Fashion,
Persepsi tentang Dunia Kerja dan Self Efficacy terhadap Sikap Produktif Siswa (Studi pada SMK Negeri Program Studi
Tata Busana Siswa Kelas XII Se-Kota Malang). (Unpublished master’s thesis). Pascasarjana Universitas Negeri Malang,
Malang.
Kuswana, W.S. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Bandung: Alfabeta.
Marri, M.Y.K, dkk. (2016). Measuring Islamic Work Ethics and Its Consequences on Organizational Commitment and
Turnover Intention, an Empirical Study at Public Sector of Pakistan. International Journal of Management Science and
Business Research, 2(2), 37—49. Retrieved from http://www.ijmsbr.com/Volume%202,Issue%202%20(5).pdf.
Martyasari, R., Suswanto, H., & Sukarnati. (2016). The Mastery of Competencies the Skills Students of SMK Reviewed from
The Talent, Creativity and Intrinsic Motivation of Students. AIP Conference Proceedings 1778, 030069, 1—10.
Oktaviastuti, B., Ahmad Dardiri., & Nindyawati. (2016). Meningkatkan Technical Skill Siswa SMK Teknik Bangunan Melalui
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 681—685.
Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6223/2656
Pratiwi, A.S. (2016). Kontribusi Kecakapan Akademik, Daya Kreativitas, dan Pemanfaatan Fasilitas Praktikum terhadap
Kinerja Prakerin dan Dampaknya pada Hasil Uji Hasil Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Paket Keahlian TKJ di SMK
Se-Tulungagung. (Unpublished master’s thesis). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Rasul, M.S, dkk. (2013). Graduate Employability for Manufacturing Industry. Elsevier: Procedia Sosial and Behavioral
Science. 102, 242—250.
Ridwan. (2013). Peran Etika Kerja Islam terhadap Hubungan Locus of Control dengan Kinerja Karyawan. Jurnal Trikonomika,
(1), 72—84. Retrieved from http://journal.unpas.ac.id/index.php/trikonomika/article/view/461
Sudjimat, D.A. (2013). Pengembangan Kecakapan Kemampukerjaan: Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Unggul Abad XXI.
Malang: UM Press.
Suswanto, H., Asfani, K., & Wibawa, A.P. (2017). Contribution of Teaching Performance, Learning Satisfaction and
Achievement Motivation to Students’ Competence Achievement. World Transactions on Engineering and Technology
Education, WIETE, 19(3), 66—71.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Zufida Kharirotul Umma, Hary Suswanto, Amat Nyoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |