PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RANGKUMAN DAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV

Alvionita Widayanti, I Nyoman Sudana Degeng, Sugeng Utaya

Abstract


Concept maps and summaries, can facilitate students of thematic learning, resulting in a full understanding of the material being taught. The objectives of research are to know: (1) the effect of summarizing the results, (2) the effect of concept maps on the results, (3) differences in student learning outcomes in the concept and summary concept class. Type of quantitative research with experimental method. Sources of grade IV student data. The results showed that (1) the use of the summary gave 100% result but did not significantly affect the calculation of 0.576, (2) the use of the summary gives 100% result and has significant effect with the calculation of 0,026 (3) there is difference of value in grade 85 and in class class Concept 86 but no significant effect with the calculation of 0.167. The results can be used as teachers in developing teaching strategies.

Peta konsep dan rangkuman, dapat memberi kemudahan siswa belajar tematik, sehingga diperoleh pemahaman penuh dari materi yang diajarkan. Penelitian bertujuan mengetahui (1) pengaruh rangkuman terhadap hasil, (2) pengaruh peta konsep terhadap hasil, (3) perbedaan hasil belajar siswa di kelas peta konsep dan rangkuman. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sumber data siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan rangkuman memberikan hasil 100% TUNTAS tetapi tidak berpengaruh signifikan perhitungan 0.576, (2) penggunaan rangkuman memberikan hasil 100% TUNTAS dan berpengaruh signifikan dengan perhitungan 0.026 (3) ada perbedaan nilai di kelas rangkuman 85 dan di kelas peta konsep 86, tetapi tidak berpengaruh signifikan dengan perhitungan 0.167. Hasilnya dapat dijadikan acuan guru dalam mengembangkan strategi mengajar.


Keywords


summary; concept maps; curriculum 2013; rangkuman; peta konsep; kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Degeng, I. N. S. 2009. Asumsi dan Landasan Teoritik Desain Pembelajaran. Malang: IKIP Malang.

Degeng, I. N. S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP Malang.

Degeng, I. N. S. 1997. Strategi Pembelajaran. Malang: IKIP Malang.

Degeng, I. N. S. 1998. Mencari Paradigma Baru Pemecahan Masalah Belajar dari Keteraturan Menuju Kesemrawutan. Makalah disajikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Malang.

Degeng, I. N. S. 1998. Teori Pembelajaran 2: Terapan. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Terbuka.

Degeng, I. N. S. 1999. Paradigma Baru Pendidikan Memasuki Era Desentralisasi dan Demokrasi. Jurnal Getengkali Edisi VI hal. 2—6.

Degeng, I. N. S. 2000. Paradigma Baru pendidikan Memasuki Era Demokratisasi Belajar. Makalah disajikan dalam seminar dan Diskusi Panel.

Degeng, I. N. S. 2005. Paradigma Membangun Kewibawaan Guru dalam Pengembangan Profesi di Era Global. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Universitas PGRI Adibuana, Madiun, 10 September 2005.

Degeng, I. N. S. 2006. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Depdikbud: Jakarta.

Degeng, I. N. S. 2006. Teori Pembelajaran 2: Terapan. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Kanjuruhan.

Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Ibrahim dan Nana Syaodih S. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim. 2013. Penerapan Model Inkuiri pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Tarakan Kalimantan Timur. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kurniawan, D. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Mahfudz, A. 2008. Cara Cerdas mendidik yang Menyenangkan Berbasis Super Quantum Teaching. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rofiq, A., Suwastono Andik., & Utaya Sugeng. 2015. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mata Pelajaran Geografi SMA Kelompok Kompetensi 10. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat: Guru dan Tenaga Kependidikan.

Suryadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Alvionita Widayanti, I Nyoman Sudana Degeng, Sugeng Utaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License