Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Examples Non Examples dan Permasalahan Siswa Terkait Hasil Belajar Biologi di SMA
Abstract
The aim of this study to (1) description of teacher’s problem related to based on examples non examples model, (2) to describe solution of teacher problem related to the implementation of learning device based on Examples Non Examples model, (3) to describe student problem related to biology learning result) describes the solution of student problems related to biology learning outcomes. The population of this requirement analysis is Biology teacher at SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, and SMAN 14 Samarinda. The result of observation of teacher and student problem in descriptive qualitative analysis showed that (1) teacher activity related to planning of biology learning device based on Examples Non Examples model is still less so that its application in teaching and learning activity is not optimal (2) needed socialization and reference reference in development model-based learning tools Examples Non Examples (3) students' learning outcomes fall into the category of less, and (4) required full guidance and assistance by teachers related to student learning outcomes.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan permasalahan guru terkait perangkat pembelajaran berbasis model Examples Non Examples, (2) mendeskripsikan solusi permasalahan guru terkait pelaksanaan perangkat pembelajaran berbasis model Examples Non Examples, (3) mendeskripsikan permasalahan siswa terkait hasil belajar biologi, (4) mendeskripsikan solusi permasalahan siswa terkait hasil belajar biologi. Populasi penelitian analisis kebutuhan ini adalah guru Biologi pada SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, dan SMAN 14 Samarinda. Hasil observasi permasalahan guru dan siswa yang dianalisis secara deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa (1) kegiatan guru terkait perencanaan perangkat pembelajaran biologi berbasis model Examples Non Examples masih kurang sehingga sehingga penerapannya dalam kegiatan belajar mengajar tidak optimal (2) diperlukan sosialisasi dan acuan referensi dalam pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model Examples Non Examples (3) hasil belajar siswa masuk kategori kurang, dan (4) diperlukan bimbingan dan pendampingan yang penuh oleh guru terkait hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Asmara, J., Massawet, E. T., & Rambitan, V. M. M. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Think, Talk, Write (TTW) dan Permasalahan Siswa Terkait Ketrampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 10(1), 2059—2065. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7952.
Chodijah, S., Fauzi, A., & Ratnawulan, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika menggunakan Model Guided Inquiry yang dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1—19. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/603.
Jaedun, A. (2009). Evaluasi Kinerja Profesional Guru. Makalah disajikan dalam Pelatihan Refleksi Profesi Guru Bersertifikat Nasional Pengelolaan Jurnal llmiah, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 12 Oktober.
Mahendra, G. R. (2016). Pengembangan Model Examples Non Examples dengan Make and Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa. (Disertasi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Nasional, D. P., & Pengembangan, B. P. D. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Depdiknas.
Nuraini., Tindangen, M., & Maasawet, E. T. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 10(1), 2066—2070. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7653/3477.
Suhadi. (2007). Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Retrieved from http://anrusmath.wordpress.com/2007/09/29/perangkat-pembelajaran.
Sumini, Th. (2005). Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Zuhdan, K., & Tim. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: UNY.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Tri Retno Hapsari, Vandalita M. M Rambitan, Makrina Tindangen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |