Pengembangan Buku Ajar Ekspresi Gen menggunakan Penelitian Deteksi dan Identifikasi Conception Rate Gene Sapi (Bos Taurus) Kembar Berbasis Mikrosatelit

Evi Kristiana, Mohamad Amin, Umie Lestari

Abstract


The needs analys to the students who take genetics course at the University of Jember shows that they are need textbooks based on research, especially gene expression material. The material has not been research-based and has not yet demanded students to utilize science and technology according to the KKKNI qualification framework. This study aims to develop textbooks of genetic subjects, especially gene expression material for undergraduate students, using the 4D development model. Validation and feasibility test data show that “Buku Ajar Ekspresi Gen menggunakan Penelitian Deteksi dan Identifikasi Conception Rate Gene Cow (Bos taurus) Kembar Berbasis Mikrosatelit” are very valid and very feasible so that it can be used by students of Jember University in genetics course.

Analisis kebutuhan terhadap mahasiswa yang menempuh matakuliah genetika di Universitas Jember menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan buku ajar berbasis riset materi ekspresi gen. Materi tersebut belum berbasis riset dan belum menuntut mahasiswa untuk memanfaatkan IPTEKS sesuai kerangka kualifikasi dalam KKNI. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matakuliah genetika, khususnya materi ekspresi gen untuk mahasiswa S1, menggunakan model pengembangan 4D. Data hasil validasi dan uji kelayakan menunjukkan bahwa “Buku Ajar Ekspresi Gen menggunakan Penelitian Deteksi dan Identifikasi Conception Rate Gene Sapi (Bos taurus) Kembar Berbasis Mikrosatelit” sangat valid dan sangat layak sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa Universitas Jember dalam matakuliah genetika.


Keywords


textbooks; genetics; gene expression; buku ajar; genetika; ekspresi gen; 4D

Full Text:

PDF

References


Bebbere, D., Bauersachs, S., Furst, R. W. (2013). Tissue-Specific and Minor Inter-Individual Variation in Imprinting of IGF2R Is a Common Feature of Bos taurus Concepti and Not Correlated with Fetal Weight. PLOS ONE, 8(4), https://doi.org/10.1371/journal.pone.0059564.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. (2015). Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2015. Livestock and Animal Health Statistics 2015. Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI.

Dirjendikti. (2009). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.

Dirjendikti. (2015). Landasan Hukum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Dokumen 002). Jakarta: Dirjen Kemenristekdikti.

Klug, W. S., Cummngs, M. R., Spencer, C. A. & Palladino, M. A. (2012). Concept of Genetics (Tenth Edition). US: Pearson Education, Inc.

Kristiana, E., Amin, M., & Lestari, U. (2016). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Berbasis Riset Matakuliah Genetika di Universitas Jember. Makalah disajikan dalam Seminar dan Workshop Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya, Jurusan Biologi FMIPA UM, Malang, Oktober 2016.

Megia, R., & Djuita, N. R. (2010). Deteksi Integritas Genomik Pisang Hasil Iradiasi in Vitro Berdasarkan Penanda Mikrosatelit. Makara Journal of Sains, 14(2), 151—157. DOI 10.7454/mss.v14i2.728.

Nuryadi., & Wahjuningsih, S. (2011). Penampilan Reproduksi Sapi Peranakan Ongole dan Peranakan Limousin di Kabupaten Malang. Jurnal Ternak Tropika, 12(1), 76—81. Retrieved from http://ternaktropika.ub.ac.id/index.php/tropika/article/view/131/141.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 54/Permentan/OT.140/10/2006 Tentang Pedoman Pembibitan Sapi Potong yang Baik (Good Breeding Practice). Retrieved from http://ews.kemendag.go.id/kebijakan/PolicyDetail.aspx?v kebijakan= 61.

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1),1—12. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/395/369.

Sari, E. M., Yunus, M., Jianlin, H., & Muchti. (2013). Karakterisasi Keragaman Genetik DNA Mikrosatelit dan Hubungannya dengan Bobot Badan pada Sapi Aceh. Indonesian Journal of Animal and Veterinary Sciences, 18(3), 220—226. DOI: 10.14334/jitv.v18i3.324.

Snustad, D. P. & Simmons, M. J. (2012). Principles of Genetics (Sixth Edition). United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Sukerni, P. 2014. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester I SD No. 4 Kaliuntu dengan Model Dick and Carey. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3(1), 386—396. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/2920.

Tanta. (2010). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(1), 7—21. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/1666/1873.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Evi Kristiana, Mohamad Amin, Umie Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License