Pengembangan Atlas Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal untuk SMK Jurusan Pertanian

Risca Dwi Kusuma, Fatchur Rohman, Istamar Syamsuri

Abstract


The aims of this research is to develop the product of Atlas biodiversity based on local potential for vocational students majoring in Agriculture. This type of research is development research and using 4D development model. Instrument of data collection using questionnaires, pretest, and posttest. The subjects of this research are expert validator and students of class XI SMK Negeri 1 Kademangan. This atlas was validated by media experts, material experts, learning practitioners, and students. The results of validation showed that media experts were 76,25% (feasible), material experts were 99,72% (very feasible), field practitioners were 93,56% (very feasible), small group trials were 89,64% (very feasible), and efficacy tests were 0,55 (moderate efectivity). The conclusion of this research is produced Atlas based on local potential biodiversity for vocational majoring in agriculture.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan produk berupa Atlas keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal untuk siswa SMK jurusan Pertanian,. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan 4D. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, pretest, dan posttest. Subjek penelitian yaitu validator ahli serta siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kademangan. Atlas ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi, praktisi pembelajaran, dan siswa sebagai subjek uji coba. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan persentase sebesar 76,25% (layak digunakan), ahli materi sebesar 99,72% (sangat layak digunakan), praktisi lapangan sebesar 93,56% (sangat layak digunakan), uji coba kelompok kecil sebesar 89,64% (sangat layak digunakan), dan uji efektivitas sebesar 0,55 (efektivitas sedang). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dihasilkan atlas keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal untuk SMK jurusan pertanian.


Keywords


ADDIE; research-based textbooks; structure and development of animals; buku ajar berbasis penelitian; struktur dan perkembangan hewan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Campbell, N. A., Reeca, J. B., Urry, Lisa A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P.V., & Jackson, R. B. (2008). Biologi. (Damaring Tyas Wulandari, Translator). Jakarta: Erlangga.

Dinas Pendidikan dan kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 70 Tahun 2013

tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta.

Hake, R. R. (1998). Analyzing Change/Gain Score. California: Dept. of Physic Indian University.

Maxtuti, I. O., Wisanti., & Ambarwati, R. (2013). Pengembangan Komik Keanekaragaman Hayati sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa SMA Kelas X. Bioedu, 2(2), 128—133. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/issue/view/283.

Novana, T., Sukaesih, S. & Prasetyo, A. P. B. (2012). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbahasa Inggris Materi Vertebrata sebagai Suplemen Pembelajaran di SMA. Journal of Biology Education, 1(1), 40—46. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/381.

Perry, J. W., & Morton, D. (1998). Photo Atlas for Botany. USA: Wadsworth Publishing Company.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 51—57. Retrieved from http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/1938/1978.

Sitepu, B. (2014). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Widodo. (2014). Karakter Morfo-Anatomi dan Kimiawi, Speises Cosmostigma Recemosum (Asclepdoidae) dan Pengembangan Atlas Struktur Morfologi, Anatomi, serta Kimiawinya. (Disertasi tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Wulansari, D. L., Wisanti., & Rachmadiarti, F. (2015). Pengembangan Atlas Keanekaragaman Tumbuhan: Euphorbiales, Myrtales, dan Solamales sebagai Sarana Identifikasi. Bioedu, 4(3), 1029—1035. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/issue/view/916.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Risca Dwi Kusuma, Fatchur Rohman, Istamar Syamsuri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License