Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Observasi Lapangan terhadap Kemampuan Berpikir Analitis

Angga Puspita, Sugeng Utaya, I Nyoman Ruja

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effect of Inkuiri model based on field observation on the ability of analytical thinking. The design of this research is quasi experiment with pretest posttest control group design. The treatment in this research is using Inquiry model based on field observation in experiment class and learning of question and answer method, discussion, and presentation in control class. The subject of this research is the students of class X IPS SMAN 10 Malang. Hypothesis test conducted on the research is t-test with SPSS 16.00 for windows. The result of this research is that there is significant influence of Inkuiri model based on field observation on the result of analytical thinking ability. This can be seen from the average score gain obtained by the higher experimental class (20.6) than the control class (14.5). The result of the analysis of the Independent Sample T-test, obtained p-level 0,002. The p-level value is less than 0.05.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap kemampuan berpikir analitis. Rancangan penelitian ini berupa quasi experiment dengan desain pretest posttest control group. Perlakuan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Inkuiri berbasis observasi lapangan pada kelas eksperimen dan pembelajaran metode tanya jawab, diskusi, dan presentasi pada kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 10 Malang. Uji hipotesis yang dilakukan pada penelitian adalah uji-t dengan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model Inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap hasil kemampuan berpikir analitis. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata gain score yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi (20,6) daripada kelas kontrol (14,5). Hasil analisis uji Independent Sample T-test, diperoleh nilai p-level 0,002. Nilai p-level tersebut lebih kecil dari 0.05.


Keywords


inquiry; field observation; think analytically; inkuiri; observasi lapangan; berpikir analitis

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Adiatma.

Ambarwati, D. (2015). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Bayram, Z, et al. (2013). Effect of Inquiry Based Method on Student’s Motivation. Journal of Social and Behavioral Sciences. 988 – 996. doi: 10.1016/j.sbspro.2013.12.112. 106.

Bunterm, T., & Jintanaporn. W, et al. (2012). Impact of open inquiry in science education on working memory, saliva cortisol and problem solving skill. Journal of Social and Behavioral Sciences. 5387—5391. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.06.444. 46.

Edupos. (2012). Pelajar Indonesia Lemah Berpikir Analitis? Ganti Kurikulum Bukan Solusinya. Diperoleh dari http://edupost-jogja/berita-nasional/pelajar-indonesia-lemah-berpikir-analitis-ganti-kurikulum-bukan-solusinya.

Handoyo, B. (2012). Pendidikan Geografi Indonesia dalam Perspektif Lintas Negara: Sebuah Studi Pendahuluan Tujuan, Struktur, dan Ruang Lingkup. Diperoleh dari http://hangeo.wordpress.com/2012/07/03/pendidikan-geografi-indonesia-dalam-perspektif-lintas-negara-sebuah-studi-pendahuluan-tujuan-struktur-dan-ruang-lingkup/

Hamalik, U. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harsono, M. (2011). Penerapan Pembelajaran Outdoor Study Objek Lereng Gunung Kelud Guna Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar, dan Kemampuan Menyusun Karya Tulis Geografi Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kelas XI IPS-2 SMAN 3 Blitar. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Hidayati, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Geografi. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Galia Indonesia: Bogor.

Ibrahim. (2013). Penerapan Model Inkuiri pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Tarakan Kalimantan Timur. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Kitota, A, et al. (2010). The Effectiveness of Inquiry Teaching in Enhancing Students’ Critical Thinking. Journal of Social and Behavioral Sciences, 7(C). 264–273. doi:10.1016/j.sbspro.2010.10.037.

Kuhlthau, C. C., Maniotes, L. K., & Caspari, A. K. (2007) Guided Inquiry: Learning in the 21st Century. London: Libraries Inlimited.

Moleong, L. J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2004). Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.

Sund, R. B., & Trowbridge, L.W. (1973). Teaching Science by Inquiry in Secondary Schhol, 3nd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Trianto. (2014). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widayati, N. (2003). Efektivitas Pembelajaran Geografi Melalui Metode Outdoor Staudy Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Buletin Pelangi Pendidikan, 6(1).

Wulandari, R. (2014). Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 1 Pasuruan. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Angga Puspita, Sugeng Utaya, I Nyoman Ruja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License