Pengembangan Handout Mikologi pada Materi Kapang Endofit pada Tanaman Sawo Kecik

Qorry Aulya Rohmana, Utami Sri Hastuti, Abdul Ghofur

Abstract


Abstract: This study aims to (1) produce Mycology handout on fungal endophyte and (2) determine the feasibility and readability of handout. This research type is development research. Handout data feasibility obtained from material experts and learning media expert by validation questionnaires, the handout readability data was obtained from questonnaires for the Biology students. The research results showed that the percentage of validation result from Mycology material expert I is 100% and from Mycology expert II is 99.44% with very high feasibility criteria. Percentage of handout feasibility by learning media expert is 93.06% with very high feasibility criteria. The handout readability result from Mycology student is 85,56% with very high criteria. The research results show that the handout are very feasible and very easy to use in the Mycology learning activities.

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan handout Mikologi pada materi kapang endofit dan (2) menguji kelayakan dan keterbacaan handout. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Data kelayakan handout diperoleh dari angket validasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar, sedangkan data keterbacaan diperoleh dari hasil angket keterbacaan handout pada mahasiswa Biologi UM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan materi handout oleh validator ahli materi Mikologi I sebesar 100% dan validator ahli materi Mikologi II sebesar 99,44% dengan kriteria kelayakan sangat tinggi. Persentase kelayakan handout oleh ahli bahan ajar sebesar 93,06% dengan kriteria kelayakan sangat tinggi pula. Persentase uji keterbacaan oleh mahasiswa sebesar 85,56% dengan kriteria keterbacaan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout sangat layak dan sangat mudah digunakan dalam kegiatan pembelajaran Mikologi.


Keywords


handout; kapang endofit; sawo kecik

Full Text:

PDF

References


Amanda, F.F., Gofur, A., & Ibrohim. (2016). Pengembangan Handout Dinamika Populasi Hewan Berbasis Potensi Lokal dengan Sumber Belajar di Danau Singkarak Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2205—2210. Diperoleh dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8109/3689.

Arikunto, S. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Depdiknas. (2007). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat PSMA.

Hera, R., Khairil., & Hasanuddin. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual pada Perkuliahan Perkembangan Hewan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2), 187—250. Diperoleh dari http://jet.jurnal.web.id/index.php/JET/article/view/37/37.

Herlina, N. (2016). Media Handout. Diperoleh dari http://belajartpsekarang.blogspot.co.id/p/media-handout.html.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmayani, F., Hindun, I., & Hudha, A. M. (2013). Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual pada Pelajaran Biologi Materi Bioteknologi untuk Siswa Kelas XII SMK Negeri 02 Batu. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(1), 47—59. DOI 10.22219/jpbi.v1i1.2302.

Riduwan. (2006). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S., Elniati, S., & Syafiandi. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa menggunakan Handout Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP, 1(1), 84—88. Diperoleh dari http://ejournal.unp.ac.id/3students/index.php/pmat/article/view/1228.

Wulandari, S., Suarsini, E., & Ibrohim. (2016). Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 881—884. Diperoleh dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6297/2687.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Qorry Aulya Rohmana, Utami Sri Hastuti, Abdul Ghofur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License