Perbedaan Pemahaman Konsep Pemrograman dengan Penerapan CTL dan PBL Berbantuan Classroom Blogging pada Siswa SMK

Siti Kurniawati, Setiadi Cahyono Putro, M. Zainal Arifin

Abstract


Abstract: This research aims to reveal differences in understanding of basic programming consepts in class A with the application of CTL model and class B with PBL model assited classroom blogging. The research design used Quasi Experimental Design. The research subject is class X TKJ SMK Darut Taqwa Purwosari. From test of hypotheses can be concluded that there is a difference in understanding of basic programming consepts in class A with the application of CTL model and class B with PBL model assited classroom blogging. The difference can be seen from several aspects such as: (1) mean, class A (79,4) has a higher mean score than class B (73,9); (2) n-gain score, class A (0,50) has a higher increase understanding concepts than class B (0,33); and (3) learning completeness, class A (85,71%) has a higher learning completeness than class B (68,57%).

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan pemahaman konsep pemrograman dasar pada kelas A dengan penerapan model CTL dan kelas B dengan model PBL berbantuan classroom blogging. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ SMK Darut Taqwa Purwosari. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep pemrograman dasar antara kelas A dengan penerapan model CTL dan kelas B dengan model PBL berbantuan classroom blogging. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu (1) nilai rata-rata, kelas A (79,4) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas B (73,9); (2) n-gain score, kelas A (0,50) memiliki peningkatan pemahaman konsep lebih tinggi dibandingkan kelas B (0,33); (3) ketuntasan pembelajaran, kelas A (85,71%) memiliki ketuntasan pembelajaran lebih tinggi dibandingkan kelas B (68,57%).


Keywords


understanding of programming concepts; CTL; PBL; classroom blogging; pemahaman konsep pemrograman

Full Text:

PDF

References


Akmil, A. R., Armiati., & Rizal, Y. (2012). Implementasi CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 24–29. Diperoleh dari http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1139/831.

Hadiyanta, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Kependidikan, 43 (1), 32–38. Diperoleh dari http://dx.doi.org/10.21831/jk.v43i1.2248.

Hardiawan. (2013). Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Pemahaman Konsep Garis dan Sudut pada Siswa Kelas VII MTs. Putra Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Lensa Kependidikan Fisika, 1 (1), 62–67. Diperoleh dari http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/Lensa/article/download/75/74.

Mahanani, K. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Otomotif Berbasis Free Web Blog Pokok Bahasan Sistem Starter dan Pengisian untuk Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Kediri. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang. Malang, Malang.

Monah. (2014). Upaya Peningkatan Hasil melalui Strategi Jigsaw Learning pada Mata Pelajaran IPA Kelas II Muhammadiyah Sriwedari Muntilan Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014, 1–95. Diperoleh dari http://digilib.uin.suka.ac.id/14100/1/BAB I%2C IV%2C Daftar Pustaka.pdf.

Putro, S.C., & Desynatria, W. (2016). Interaksi Antara Faktor Inisiatif dengan Faktor Penerapan Model Konstruktivistik Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Teknologi pada Siswa SMK. Jurnal Tekno, 26 (September), 92–99. Diperoleh dari http://googleweblight.com/i?u=journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/download/8274/3505.

Rini, E. S. (2016). Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Inkuiri. E-Jurnal Mitra Sains, 4 (2), 20–29.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sahuri, F. H. (2017). Pengembangan Blog Interaktif sebagai Sumber Belajar Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sosiologi Kelas X. Jurnal Kiprah, 5 (2), 22–29. Diperoleh dari http://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/article/download/282/241.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIV (1), 190–220. Diperoleh dari http://journal.ar-raniry.ac.id/didaktika/article/view/497.

Saniman, B. N., & M. (2015). Efek Model Problem Based Learning dan Pemahaman Konsep Fisika terhadap Belajar Siswa. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 12 (2), 130–139. Retrieved from http://journal.unimed.ac.id/sju/index.php/ujeb.

Sari, E. P. (2015). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi, 1–10. Diperoleh dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/10379/7011.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Invotec, XI (1), 23–40. Retrieved from http:jurnal.upi.edu/file/03_Edi_Supraptop_23-40.pdf.

Suprijono. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Yunita, R. D. (2012). Hubungan antara Kemampuan Logika dan Pemahaman Konsep dengan Prestasi Belajar Pemrograman Bahasa C pada Siswa SMK di Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Siti Kurniawati, Setiadi Cahyono Putro, M. Zainal Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License