Bahan Ajar Pendidikan Agama Kristen untuk Siswa Kelas 1—3 SD
Abstract
Abstrak: Bahan ajar merupakan hal yang paling integral dalam proses pembelajaran. BSE Pendidikan Agama Kristen (PAK) merupakan bahan ajar yang bisa digunakan untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan pemerintah. Akan tetapi, hal itu tidak berjalan dengan efektif karena realitanya dalam proses pembelajaran PAK di sekolah-sekolah negeri atau yang tidak berbasis Agama Kristen, siswa tidak mendapatkan pembelajaran sebagaimana mestinya. Dalam pelaksanaan pembelajarannya sering kali PAK dilakukan dengan cara pembelajaran kelas rangkap, dimana siswa dari mulai kelas satu sampai kelas enam dijadikan satu kelas dalam waktu yang bersamaan. Hal ini disebabkan oleh jumlah siswa yang beragama Kristen hanya sedikit. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu bahan ajar Pendidikan Agama Kristen yang bisa digunakan secara bersama-sama, tetapi bisa memenuhi standar kompetensi yang pemerintah tetapkan untuk tiap-tiap kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bessie, D. L., & Napitupulu, R. (2014). Buku Guru: Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 1. (D. Stefanus & D. Nuhamara, Eds.) (2nd ed.). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Candra, A. A., & Masruri, M. S. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran PKn SMP, 2(2), 109–114.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Instructional (7th ed.). London: Pearson Education Ltd.
Kebudayaan, K. P. D. (2012). Dokumen kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (Desember), 1–23.
NDJ. (2016). Apa Ada Masalah Pendidikan Agama? Retrieved July 5, 2017, from http://guruagamakristen.blogspot.co.id/2016/06/apa-ada-masalah-pendidikan-agama-di.html
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Kencana.
Setyawan, D. (2014). Implementasi Pendidikan Agama di Sekolah dan Solusinya. Retrieved June 25, 2017, from http://www.kpai.go.id/artikel/implementasi-pendidikan-agama-di-sekolah-dan-solusinya/
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. (N. Ibrahim & D. Sidik, Eds.) (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yatmini Yatmini, Anselmus J. E. Toenlioe, Sulthoni Sulthoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |