Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Keterampilan Psikomotorik pada Materi Asam Basa, Titrasi Asam Basa, Hidrolisis Garam, dan Larutan Penyangga

Afidatun Nadhiroh, Darsono Sigit

Abstract


Abstract: This research and developmentaims to produce and reveal the eligibility attitudes and psychomotoric skills assessment instruments on acid base, acid base titration, hydrolysis of salt, and buffer solution. The steps of research and development which is used (1) study of literature; (2) field survey; (3) drafting instruments; (4) limited field-testing; (5) revision of the field test result; (6) further field-testing; (7) revision offinal product; (8) dissemination and implementation. The result of content validation showed that the attitudes and psychomotoric skills assessment instruments “very decent” with average percentage of 97,3% and 91,5%. The limited field testing results showed that the attitudes assessment instrument “valid” and “reliable”. Interpretation test of psychomotoric skills assessment instruments appropriate/accurate to use and easy to understand.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi asam basa, titrasi asam basa, hidrolisis garam, dan larutan penyangga. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang digunakan (1) studi kepustakaan; (2) survei lapangan; (3) penyusunan instrumen; (4) uji coba terbatas; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lebih luas; (7) penyempurnaan produk akhir; (8) desiminasi dan implementasi. Hasil validasi isi oleh ahli menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik “sangat layak” dengan persentase rata-rata 97,3% dan 91,5%. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap “valid” dan “reliabel”. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan psikomotorik sangat sesuai/sangat tepat digunakan dan sangat mudah dipahami bahasanya.

Keywords


assessment instruments; attitudes and psychomotoric skills; acid base and titration; hydrolysis of salt; buffer solution; instrumen penilaian; sikap dan keterampilan psikomotorik; asam basa dan titrasi; hidrolisis garam; larutan penyangga

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Rosda Karya.

BSNP. (2006). Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Gulikers. (2006). Authentic Assesment, Student, and Teacher Perception the Practical Value of the Five Dimensional-Framework. Journal of Vocational Education and Training, 58:337-357.

Hamid, M. (2011). Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2013). Model Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

Mueller, J. (2008). Authentic Assessment Toolbox North Central College. Retrieved from http://www.noetrl.edu,Naperville,http://,enathan.-mueller.faculty.noetrl.edu/toolbox/index.htm.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. IKAPI Jakarta. Diperoleh dari http://www.ikapidkijakarta.com.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. IKAPI Jakarta. Diperoleh dari http://www.ikapidkijakarta.com.

Permendikbud Nomor 81A-2013 tentang Implementasi Kurikulum. IKAPI Jakarta. Diperoleh dari http://www.ikapidkijakarta.com.

Silabus Mata Pelajaran Kimia (Peminatan Matematika dan Ilmu Alam) Kurikulum 2013. IKAPI Jakarta. Diperoleh dari http://www.ikapidkijakarta.com.

Tim Revisi. (2010). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Edisi Kelima. Malang: Universitas Negeri Malang.

Zulhelmi. (2009). Penilaian Psikomotor dan Respon Siswa dalam Pembelajaran SAINS Fisika melalui Penerapaan Penemuan Terbimbing di SMA Negeri 20 Pekan Baru. Jurnal Geliga Sains, 3(2), 8—13. Diperoleh dari http://lib.unri.ac.id/data/images/phocadownload/2_Penilaian%20Psikomotor_Zulhelmi.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i7.11331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Afidatun Nadhiroh, Darsono Sigit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License