Efektivitas Penerapan Modul Stoikiometri Berdasarkan Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep pada Pemahaman dan Persepsi Peserta Didik Kelas X SMA

Sutinah Sutinah, Darsono Sigit

Abstract


Abstract: Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar, pemahaman konsep, dan persepsi peserta didik, serta mengetahui efektivitas modul stoikiometri berdasarkan konsep sukar dan kesalahan konsep dibandingkan latihan soal. Pengumpulan data menggunakan dua set soal tes diagnostik dan angket persepsi peserta didik. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menyatakan peserta didik yang belum tuntas dan dibelajarkan dengan bantuan modul dan latihan soal pada ketuntasan belajar mencapai 49,27% dan 31,88%, penurunan konsep sukar sebanyak 16,94% dan 14,38%, serta penurunan kesalahan konsep sejumlah 10,0% dan 4,6%. Persepsi peserta didik terhadap isi dan pembelajaran menggunakan modul sangat positif. Hasil uji-t pihak kanan menunjukkan bahwa modul stoikiometri lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang belum tuntas dibandingkan dengan latihan soal (thitung (2,923) > ttabel (1,995)).

 Abstrak: The purposes of the research were to describe students’ mastery learning, understanding, perception, and to determine the effectiveness of the stoichiometry module based on difficult concept and misconception which were compared with the exercises. Colleting datas used two set of diagnostic tests and a questionnaire student’s perceptions. Analysis technique data used descriptive and statistic analysis. The results of research showed that students who were taught with module and those who were taught with exercises had average percentages as following: mastery learning were 49,27% and 31,88%, reduction of difficult concept were 16,94% and 14,38%, and reduction of misconception were 10,0% and 4,6% respectively. Students’ perception of the module’s content and learning that uses modules were very positive.The result one sample t-test of showed that the stoichiometry module based on difficult concept and misconception was more effective to improve the understanding of students in the topic of stoichiometry than exercises(thitung (2,923) > ttabel (1,995)).


Keywords


stoichiometry module; difficult concept; misconception; understanding, perception; modul stoikiometri; konsep sukar; kesalahan konsep; pemahaman; persepsi

Full Text:

PDF

References


Anjarwati, N. L. (2008). Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Stoikiometri pada Peserta Didik SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (2008). Panduan Pembelajaran Penyelenggaraan Remedial. Jakarta: Depdiknas.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Maghfiroh, R. (2014). Pengembangan Modul Stoikiometri Berdasarkan Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Nilawati, P. A. (2012). Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Stoikiometri pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Pusat Bahasa. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Roikah, R. (2012). Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Konsep Mol dan Tetapan Avogadro pada Siswa SMA Negeri 2 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Sastrawijaya, T. (1998). Proses Belajar Mengajar Sains. Jakarta: Depdikbud.

Vaudhi, F. (2009). Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Mol pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i8.11376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sutinah Sutinah, Darsono Sigit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License