Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Kehidupan
Abstract
Abstract: This research aims to produce writing fable text teaching materials contains living values on seventh grade which developed by referring to the elements of contect, systematics, language, and display design. The model used is the development of 4D. The results are (1) based on the feasibility test of this resource is feasible and ready to be implemented and (2) there is significant influence in learning writing fable text.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis teks fabel bermuatan nilai kehidupan pada kelas VII yang dikembangkan dengan berpedoman pada unsur isi, sistematika, kebahasaan, dan desain tampilan. Model yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Hasil yang didapatkan adalah (1) berdasarkan uji kelayakan bahan ajar ini layak dan siap untuk diimplementasikan serta (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran menulis teks fabel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N. (2013). Meminimalisasi Bullying di Sekolah. XXV Maret, (83), 50–55. Diperoleh dari http://journal.unwidha.id/index.php/magistra/article/viewFile/274/223.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ghazali, A. S. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Hendri. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Jose, P. E., D’Anna, C. A., & Krieg, D. B. (2005). Development of the comprehension and appreciation of fables. Genetic, Social, and General Psychology Monographs, 131(1), 5–37. https://doi.org/10.3200/MONO.131.1.5-37.
Kapitan, Y. J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas VII. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Komalasari, K. & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT Refika Aditama.
KPAI. (2014). Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter, (Online), (http://www.kpai.go.id/berita/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter/), diakses 22 September 2017.
Mu’in, F. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Noor, R. M. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Qostantia, L. N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Fabel dengan Stimulus Film Finding Nemo. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Sitepu. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syafrina, D. (2017). Pengembangan Model Lintaskujitu dalam Pembelajaran Menyimak Fabel untuk Siswa Kelas VII SMP. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis: Leadership Training Institute/Special Education University of Minnesota.
Tomlinson, B. (2007). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i8.11425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Heny Gastiana Dewi, Heri Suwignyo, Maryaeni Maryaeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |