Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik

Silmy Nauli Izati, Wahyudi Wahyudi, Martin Sugiyarti

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve thematic learning outcomes through the implementation of literacy-based project based learning. The research was conducted trough classroom action research consisting of two cycles in fifth grade students of Salatiga 05 Elementary School. The result showed an increase in student activity from 78,13% to 84,38%. The increase in student activity has an impact on the completeness of the thematic learning outcomes shown in the first cycle of 70,6% and increased to 82,35% in the second cycle. Based on the results of these studies it can be concluded that the application of literacy-based project based learning can increase the activities and thematic learning outcomes.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui penerapan project based learning berbasis literasi. Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus pada siswa kelas V SD Negeri Salatiga 05. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari 78,13% menjadi 84,38%. Peningkatan aktivitas siswa tersebut berdampak pada ketuntasan hasil belajar tematik yang ditunjukkan pada siklus I sebesar 70,6% dan meningkat menjadi 82,35% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan project based learning berbasis literasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik.


Keywords


project based learning; literacy learning; thematic learning; learning outcomes; pembelajaran literasi; pembelajaran tematik; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Afifah, R. N. (2009). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Science Activities, 12, 2086 – 2096. Retrieved from http://repository.upy.ac.id/227/

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119.

Gunansyah, G., Rachmadiyanti, P., & Subagiyo, F. M. (2018). Keterampilan Informasi melalui Pembuatan Media Literasi. Publikasi Pendidikan, 8(1), 13–18. Diperoleh dari http://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/4928/pdf_38

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Ghalia Indonesia.

Ida, & Nur, F. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDN Jingglong 01 Sutojayan Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 0(0). Diperoleh dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/KSDP/article/view/11780

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. Diperoleh dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/713

Lukitasari, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas IV SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nilasari, E., Try Djatmika, E., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1399–1404.

Pendidikan, M. G.-J. I., & 2016, undefined. (n.d.). Pengajaran literasi dan penilaian portofolio dalam konteks pembelajaran menulis di SD. Academia.Edu. Retrieved from http://www.academia.edu/download/48212090/87-3399-1-PB.pdf

Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES.

Sari, L. I., Sartijono, H., & Sihono. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi Unej, 2(1), 11–14. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/download/3404/2658

Subadriyah. (2013). Simpulan penelitian ini Penerapan model pembelajaran literasi dapat meningkatkan kemampuan membaca kalimat dengan aksara jawa siswa kelas IV Kata Kunci: Model pembelajaran literasi, membaca kalimat, aksara jawa.

Suyono., Titik Harsiati., & Ika Sari Wulandari. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JIPPSD, 2(1), 116–123.

Tryanasari, D., Aprilia, S., & Cahya, W. A. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(02), 173. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1641

Wijanarko, A. G., Supardi, K. I., & Marwoto, P. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120–125.

Yaumi, M., & Damopolii, M. (2014). Action Research: Teori, Model, dan Aplikasi. Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Silmy Nauli Izati, Wahyudi Wahyudi, Martin Sugiyarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License