Kemampuan Pemecahan Masalah dan Model Mental Siswa pada Materi Fluida Statis
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan kemampuan pemecahan masalah siswa dan model mental siswa pada materi fluida statis. Kemampuan pemecahan masalah siswa yang berbeda dapat dilihat dari cara siswa merepresentasikan penyelesaian masalah. Model mental merepresentasikan pengetahuan yang diciptakan selama kegiatan kognitif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian embedded mixed method design. Subjek penelitian ini terdiri atas 30 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Batu. Selama pembelajaran siswa diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Experiential Learning. Hasil analisis menunjukkan nilai uji Chi-Square diperoleh 216,500a dengan nilai Asymp (2-tailed) sebesar 0,041 yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Goszewski, M., Moyer, A., Bazan, Z., & Wagner, D. J. (2013). Exploring student difficulties with pressure in a fluid (pp. 154–157). https://doi.org/10.1063/1.4789675
Jonassen, D. H. (2011). Learning to solve problems: a handbook for designing problem-solving learning environments. New York: Routledge.
Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1987). Problem solving: A handbook for teachers (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon.
Pratiwi, N. D., & Setyarsih, W. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Taksonomi Structure of the Observed Learning Outcome (SOLO) untuk Menentukan Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fluida Statis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3), 45–49.
Ünal, S., & Coştu, B. (2005). Problematic issue for students: Does it sink or float? In Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching (Vol. 6, pp. 1–16). The Education University of Hong Kong, Department of Science and Environmental Studies.
Valiyov, B. M., & Yegorenkov, V. D. (2000). Do fluids always push up objects immersed in them? Physics Education, 35(4), 284.
Wang, C.Y. (2007). The role of mental-modelling ability, content knowledge, and mental models in general chemistry students’ understanding about molecular polarity. Unpublished Dissertation. University of Missouri, Columbia.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ida Purnamasari, Lia Yuliati, Markus Diantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |