Penguatan Kesetiakawanan Sosial Peserta Didik melalui Nilai Budaya Perayaan Maudu Lompoa

Hendra Hendra, Budijanto Budijanto, I Nyoman Ruja

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the strengthening of social solidarity of learners through the cultural values of celebration maudu lompoa. The research was conducted by qualitative descriptive method. The results revealed that the culture of maudu lompoa celebration contains six aspects, namely as follows (1) as the basis for building togetherness of family feeling, (2) as the basis for building mutual help with mutual cooperation, (3) as a basis to build mutual understanding of the condition of the desire to share, (4) as a basis to build attitude feel the same from the taste solidarity, (5) as the basis for building the sensitivity to others of compassion, and (6) as a basis for building an attitude of perseverance from the work ethic. Cultural celebration maudu lompoa very appropriate as a source of learning in strengthening social solidarity learners.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguatan kesetiakawanan sosial peserta didik melalui nilai budaya perayaan maudu lompoa. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa budaya perayaan maudu lompoa mengandung enam aspek, yaitu (1) sebagai dasar membangun kebersamaan dari rasa kekeluargaan, (2) sebagai dasar membangun sikap saling membantu dengan gotong royong, (3) sebagai dasar membangun sikap saling mengerti keadaan dari keinginan untuk berbagi, (4) sebagai dasar membangun sikap merasakan hal yang sama dari rasa solidaritas, (5) sebagai dasar membangun sikap kepekaan kepada orang lain dari rasa cinta kasih, dan (6) sebagai dasar membangun sikap ketekunan dari etos kerja. Budaya perayaan maudu lompoa sangat tepat dijadikan sebagai sumber pembelajaran dalam menguatkan kesetiakawanan sosial peserta didik.


Keywords


social solidarity; maudu lompoa; learners; kesetiakawanan sosial; maudu lompoa; peserta didik

Full Text:

PDF

References


Fatchan, Ach. (2015). Metode Penilitian Kualitatif Pendekatan Etnografi dan Etnometodologi untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Guantara, F., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Kajian Sosial-Budaya Rambu Solo’ dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 154—158.

Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta

Khuriyah, L., Utaya, S., & Adi, S. (2017). Kontribusi Tradisi Erau sebagai Sumber Pembelajaran Kontekstual IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(1), 1—7.

Koentjaraningrat. (2000). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nieto, C., & Booth, M. Z. (2010). Cultural Competence: Its Influence on the Teaching and Learning of International Education”. Jurnal of Studies in International Education, 14(4), 406—425.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. California: SAGE Publications Inc.

Puspitasari, E., Sumarmi., & Amirudin, A. (2016). Integrasi Berpikir Kritis dan Peduli Lingkungan melalui Pembelajaran Geografi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 122—126.

Ridwan, M., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Potensi Objek Wisata Toraja Utara Berbasis Kearifan Lokal sebagai Sumber Materi Geografi Pariwisata. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(1), 1—10.

Savitri, D. I., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Peran Keluarga dan Guru dalam Membangun Karakter dan Konsep Diri Siswa Broken Home di Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 861—864.

Soehardi. (2002). Nilai-Nilai Tradisi Lisan dalam Budaya Jawa. Jurnal Humaniora, 14(3), 1—13.

Su’udiah, F., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744—1748.

Suryaman, M. (2014). Memantapkan Pendidikan Karakter untuk Melahirkan Insan Bermoral, Humanis, dan Professional. Yogyakarta: UNY Press.

Undang-Undang Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiryanti, D. N. K., Suandi, I. N., & Wisudariani, N. M. (2015). Pengembangan Materi Ajar Teks Deskriptif Berbasis Budaya Lokal Guna Mendukung Pembelajaran Memahami Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hendra Hendra, Budijanto Budijanto, I Nyoman Ruja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License