Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar

Miftachus Sururoh, Punaji Setyosari, Subanji Subanji

Abstract


Abstract: This research was aimed to know the difference of understanding the concept and motivation of student learning which is taught by Think Pair Share model in the experimental class and the students who are taught by the group work model in the control class. This study used quasi experimental design with nonequivalent control group design using pretest-postest test scores. Research data obtained through test and motivation questionnaire in the form of statement. The results showed that (1) there is a significant understanding of concept concepts between students who learn through Think Pair Share learning with students who learn through cooperative learning without syntax, (2) there is a difference of understanding of the concept significantly between high motivation and low motivation students, and (3) interaction between learning model and learning motivation to understanding student concept.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Think Pair Share pada kelas eksperimen dan siswa yang dibelajarkan dengan model kerja kelompok pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimental dengan rancangan nonequivalent control group dengan menggunakan nilai tes berupa pretest-postest. Data penelitian diperoleh melalui tes dan angket motivasi yang berupa pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa yang belajar melalui pembelajaran Think Pair Share dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran kooperatif tanpa sintaks, (2) perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa yang motivasinya tinggi dengan yang motivasinya rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa.

Keywords


think pair share; understanding of concepts; motivation to learn; think pair share; pemahaman konsep; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Afdila, F. A., Nurchasanah., & Nurhadi. (2012). Pengaruh Strategi SQ3R terhadap Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Anderson, L.W & Krathwohl, D. R. (Ed). (2001). A Taxonomy for Learning Teaching, Assesing (Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives). New York: Addision-Wesley Longman, Inc.

Arends, R. (2013). Belajar untuk Mengajar: Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humaika.

Chotimah, C. (2017). Pengembangan Modul Biologi dengan Strategi Pembelajaran Think Pair Share sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar, Sikap Sosial, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMK Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Dewi, C. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(2), 155—167. http://doi.org/10.25273/pe.v5i02.280

Ekoningtyas, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Think-Pair-Share dipadu Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan

terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep IPA dan Retensinya serta Sikap Sosial

Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 332—342.

Hamalik, O. (2012). Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: CV Sinar Baru.

Husna., Ikhsan, M., & Fatimah, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Peluang, 1(2), 81—92.

Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Cooperatif Learning. California: Kagan Publishing.

Lestari, S. (2012). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Pemasaran. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarajana Universitas Negeri Malang, Malang.

Madden, K. (2011). The Use of Inquiry-Based Instruction to Increase Motivation and Academic Success in A High School Biology Classroom.

Marina, C. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Materi Penyesuaian Makhluk Hidup dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dipadu dengan Model Picture and Picture yang dikembangkan melalui Lesson Study. JINOP: Jurnal Inovasi Pembelajaran, 2(1), 256—269. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.328

Nari, N. (2011). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan menerapkan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think–Pair–Share berempat dan Kemunculan Komponen Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Ta’dib, 14(1), 26—35.

Paramitha, I. D. A. A., Sulastri, M., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(2), 80—88. http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012

Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amiruddin, A. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(7), 1432—1436.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarjana, I. K. D., Margunayasa, I. G., & Sumantri, M. (2016). Pengaruh Model Pogil, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(1), 21—29 http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i1.9006

Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjatmiko, H. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Berbantuan Multimedia untuk Hasil Belajar Siswa Kelas X APH 2 SMKN 1 Kota Batu pada Materi Matriks. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Syakdiah, H., Afri, L. E., & Nurrahmawati. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Pasir Pengaraian. E-Journal Mahasiswa Prodi Matematika, 2(2), 1—4.

Tembang, Y. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 812—817.

Tiantong, M., & Siksen, S. (2013). The Online Project-based Learning Model Based on Student’s Multiple Intelligence. International Journal of Humanities and Social Science, 3(7), 204—211.

Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh Model Inquiry Terbimbing Dipadu dengan Peta Konsep terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Keterampilan Proses ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1629—1638.

Wicaksono, A. R., Widoretno, S., & Nurmiyati. (2015). Pengaruh Penggunaan Modul Brbasis research pada Pembelajaran Think Pair Share dan Grup Investigation terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Metakognisi Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Byolali Tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Bioedukasi, 8(1), 60—66.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Miftachus Sururoh, Punaji Setyosari, Subanji Subanji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License