Instrumen Asesmen Berbasis Higher Order Thinking Skills dengan Memanfaatkan Kumpulan Cerpen Filosofi Kopi untuk Kelas X
Abstract
Abstract: This research was aimed to produce a product in the form of a Higher Order Thinking Skills-based assessment instrument by utilizing a Filosofi Kopi short stories collection for class X. This product was developed with attention to the aspects of content, language, and display design. The development model used was the O'Malley & Pierce model. Based on the product test results, it was concluded that (1) this assessment instrument was classified as very feasible and could be implemented, and (2) the assessment instrument was classified as reliable because the reliability coefficient obtained was greater than 0.006.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa instrumen asesmen berbasis Higher Order Thinking Skills dengan memanfaatkan kumpulan cerpen Filosofi Kopi untuk kelas X. Produk ini dikembangkan dengan memperhatikan aspek isi, kebahasaan, dan desain tampilan. Model pengembangan yang digunakan adalah model O’Malley & Pierce. Berdasarkan hasil uji produk, disimpulkan bahwa (1) instrumen asesmen ini tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan, dan (2) instrumen asesmen tergolong reliabel karena koefisien reliabilitas yang diperoleh lebih besar dari 0,006.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). (A. Prihantoro, Eds.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bayer, S., Klieme, E., & Jude, N. (2016). Assessment and Evaluation in Educational Contexts. (S. Kuger, E. Klieme, N. Jude, & D. Kaplan, Eds.). Switzerland: Springer International Publishing. Retrieved from https://doi.org/10.1007/978-3-319-45357-6_19
Cahyanto, Z. D. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Membaca Kritis untuk Siswa SMA/SMK Kelas X dan XI. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Direktorat Pembinaan SMA Depdikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Measured Reasons LLC and Insight Assessment. Retrieved from https://doi.org/10.1017/CBO9780511804632.017
Hanoum, R. N. (2014). Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa melalui media sosial. Jurnal Edutech, 1(3), 400–408. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/3093/2114
Harsiati, T. (2011). Penilaian dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Herawati, R., Rustono, W. S., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan Asesmen HOTS pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain dengan Benda-benda di Sekitar, 151–159. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidak-tika/article/download/4975/3493
Kartowagiran, B. (2011). Pengembangan Instrumen Asesmen Pembelajaran di Sekolah Bertaraf Internasional (pp. 1–17). Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN SUKA Yogyakarta. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/11-Sistem penilaian di RSBI, UAD-1.pdf.
Lestari, D. (2013). Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade 1995-2005. Yogyakarta: Bentang.
Madana, Z. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Prosa Fiksi Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
O’Malley, J. M. & Pierce, L.V. (1994). Authentic Assessment for English Language Learners. New York: Addison-Wesley Publishing Company.
Priyatni, E. T. (2010). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.
Priyatni, E. T. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Kritis Berbasis Intervensi Responsif. Jurnal Litera, 13(1), 1–13. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/download/1900/1552
Rahmayantis, M. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Indah Puisi untuk Siswa SMP Kelas VII. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(3), 289–298. https://doi.org/10.22219/kembara-.v2i1.4043.g4430.
Sayuti, S.A. (2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
Supriyono. (2017). Membimbing Siswa Membaca Cerdas dengan Taksonomi Barrett. Retrieved from https://awidyarso65.files.wordpress.com/2008/08/membimbing-siswa-membaca-cerdas.pdf
Sutrianto, Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Uno, H. B. dan Koni, S. (2016). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Woods, K., Mountain, R., & Griffin, P. (2015). Linking Developmental Progressions to Teaching. (P. Griffin & E. Care, Eds.). Dordrecht, Netherlands: Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_14
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Annisa Zainal, Endah Tri Priyatni, Nita Widiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |