Meningkatkan Perkembangan Motorik melalui Senam Ritmik pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Basri Basri

Abstract


Abstract: This study aims to determine the increase in motor activity in learning through rhythmic gymnastics. This study included classroom action research in two cycles. Each cycle is carried out in the form of a cycle study process consisting of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The target of the study was students of class VI-A Samarinda Ilir 020 Public Elementary School. Data obtained in the form of formative test results, performance tests, and observation sheets in learning activities. Based on the results of the analysis there is an increase in student activity from the first cycle (70%) and secondly (80%). In addition, based on observations of students during the Rhythmic Gymnastics practice learning moves actively both when getting assignments from the teacher or their own initiative. In teaching activities the teacher showed an increase in the first cycle (95%) and the second cycle (100%). This shows that the teacher has taught according to the learning scenario.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas motorik dalam pembelajaran melalui senam ritmik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam wujud proses pengkajian berdaur yang terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas VI-A Sekolah Dasar Negeri 020 Samarinda Ilir. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, performance test, dan lembar observasi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis terdapat peningkatan aktivitas siswa dari siklus pertama (70%) dan kedua yakni (80%). Selain itu, berdasarkan observasi siswa selama mengikuti pembelajaran praktik Senam Ritmik bergerak aktif baik saat mendapat tugas dari guru ataupun inisiatif sendiri. Pada aktivitas mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus pertama (95%) dan siklus kedua (100%). Hal ini menunjukkan bahwa guru telah mengajar sesuai dengan skenario pembelajaran.


Keywords


motor development; rhythmic gymnastics; elementary school students; perkembangan motorik; senam ritmik; siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Citrasari, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Senam Ritmik melalui Media Sampai pada Anak Kelompok B1 di TK Negeri Pembina Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Hanief, Y. N. (2016). Perbedaan Pengaruh Pengunaan Alat Bantu Tali dan Bantuan Teman terhadap Peningkatan Keterampilan Back Handspring. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana UM (pp. 192-202).

Harsanti, A. G. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Outbond untuk Peningkatan Perilaku Sosial Siswa Kelas IV SDN 01 Tawangrejo. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 14(25), 21—29.

Hartadji, R. H. (2017). Model Permainan Aktivitas Luar Kelas untuk Mengembangkan Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa SMA. Journal of SPORT, 1(1), 148—174.

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1).

Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini sebagai Bibit untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta lim Journal, 20(3), 459—464.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27—34.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Piaget, J. & Inhelder, B. (2010). Psikologi Anak: The Psychology of the Child. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46—57.

Suharjana, F. (2010). Aktivitas Ritmik dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(1), 16.

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197—211.

Triyanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Teknologi Pendidikan, 1(2), 226—238.

Wuryantoro, K., & Muktiani, N. R. (2011). Meningkatkan Keterampilan Senam Meroda melalui Permainan Tali pada Siswa Kelas VIII-A MTS Ma’arif NU. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Basri Basri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License