Bahan Ajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar tema daerah tempat tinggalku berbasis kearifan lokal. Produk ini terdiri atas buku guru dan buku siswa. Produk dikembangkan dengan mengacu pada model pengembangan Dick & Carey. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Kelayakan produk diujikan melalui uji validasi, uji kemenarikan, uji kepraktisan, dan uji keefektivan. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan, produk dinyatakan telah memenuhi kriteria dan persyaratan digunakan di lapangan sebagai buku penunjang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief, H. S., Maulana., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141—150.
Azizahwati., Maaruf, Z., Yassin, R. M., & Yuliani, E. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis
Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Makalah disajikan pada Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX
HFI, Jateng & DIY, 25 April 2015.
Bellous, J. E. (2008). How Children Become Moral Selves: Building Character and Promoting Citizenship in Education. Studies in Philosophy and Education, 28(2), 189—192. DOI 10.1007/s11217-008-9119-x.
Fityan, R.Y., & Wahyudin, A. (2018). Keaktifan Sebagai Intervening dalam Pengaruh Perhatian, Kesiapan, Kemampuan Kognitif terhadap Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 75—91.
Harsiati, T. (2017). Feedback and Self Regulation in Writing Learning Assesment in Junior High School. Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 1(1), 71—85.
Indriani, A. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(2), 134—139.
Istiyani, D. (2013). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (CALISTUNG) pada Anak Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10(1), 1—18. DOI: https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351
Johns, B., Dye, M., & Jones, M. (2016). The Influence of Contextual Diversity on Word Learning. Psychon Bull Rev, 23, 1214—1220. DOI 10.3758/s13423-015-0980-7.
Kluge, J., Stein, W., & Licht, T. (2001). Knowledge Unplugged. Germany: Mcinsey & Company.
Liebe, M. (2008). There is no Magic Circle on the Difference between Computer Games and Traditional Games.
Conference Proceedings of the Philosophy of Computer Games 24-341. http://pub.ub.uni-potsdam.de/volltexte/2008/2459/.
Nugraha, R. A., Degeng, N.S., & Hanurrawan, F. (2016). Process of Self Regulated Learning an Stundent’s Strategic Studies Activities in Learning Environment. International Conference on Education 2016. Education in the 〖21〗^th Century: Responding to Current Issues. 747—753.
Nurmanita, T., Harsiati, T., & Suyono. (2017). Cerita Anak sebagai Sarana Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21. Tema 7 Nomor 9 Bulan Mei Tahun 2017. 1100-1105.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Puspita, H. J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kelas Vb SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 884—893.
Rizqi, A. M., Parmin., & Nurhayati, S. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter Tema Pemanasan Global untuk
Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1), 203—208.
Rozhana, K. M. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Potensi Daerah Malang Kelas IV Semester II dengan Tema Tempat
Tinggalku. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setyowati, R., Parmin., & Widiyatmoko., A. (2013). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusisebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(2), 245—253.
Siahaan, D. C., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 279—285.
Ulya, F. L., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121—130.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aldine Pramita Alba, Sa’dun Akbar, Nurchasanah Nurchasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |