Hubungan Sikap Belajar dengan Kualitas Isi Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI

Mahmud Mushoffa, Dawud Dawud, Imam Suyitno

Abstract


Abstract: This research was aimed to explain the relationship between learning attitudes and the quality of the contents of scientific writing of class XI students. Learning attitudes include (1) attitude to accept learning and (2) attitude to respond to various things related to learning. The design of this study is correlation research. The results showed that there was a non-significant negative relationship between learning attitudes and the quality of the contents of scientific papers.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan sikap belajar dengan kualitas isi karya tulis ilmiah siswa kelas XI. Sikap belajar, meliputi (1) sikap menerima pembelajaran dan (2) sikap menanggapi berbagai hal terkait pembelajaran. Rancangan penelitian ini adalah penelitian korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang tidak signifikan antara sikap belajar dengan kualitas isi karya tulis ilmiah.

Keywords


learning attitude; the quality of the contents of the paper; scientific papers; sikap belajar; kualitas isi karya tulis; karya tulis ilmiah

Full Text:

PDF

References


Apriliani, R. (2016). Hubungan antara Pemahaman Unsur Kebahasaan dan Sikap terhadap Bahasa Indonesia dengan Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, 1(1), 73–80. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/kls.v1i1.2480

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brown, H. D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. (N. Cholis & Y. A. Pareanom, Penerjemah.) (5th ed.). Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Honayapto., & Herlina. (2017). Hubungan Sikap dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Menulis Deskriptif Bahasa Inggris. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(2), 124-138. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/BAHTERA.162.08

Hutagalung, I. (2015). Teori-Teori Komunikasi: Dalam Pengaruh Psikologi. Jakarta: Penerbit Indeks.

Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (2013). Taxonomy of Educational Objectives. London: Longman Group LTD.

Kuswana, W. S. (2013). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marhaeni. (2008). Determinasi Beberapa Faktor Afektif yang Memengaruhi Keberhasilan Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 41(1).

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v20i4.156

Sari, T. P., Dawud, & Andajani, K. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 51-55.

Sarwiyatin, L. F. E. S. (2017). Pengaruh Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik SMA Negeri 1 Ponggok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Jurnal LIKHITAPRAJNA, 19(1), 110-121.

Tarigan, H. G. (2015). Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Wardani, K. D. K. A., Gosong, G., & Artawan,G. (2013). Sikap Bahasa Siswa terhadap Bahasa Indonesia: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(1).

Weigle, S. C. (2002). Assessing Writing. United Kingdom: University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mahmud Mushoffa, Dawud Dawud, Imam Suyitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License