Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Basri Basri

Abstract


Abstract: This study aims to determine the increase in the basic motion of the high jump straddle force using learning aids. The method used is a two-cycle class action research. Each cycle is carried out in the form of a mixed assessment process consisting of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. The target of the research is the students of class VI semester 11 of elementary school 020 Samarinda Ilir. Based on the results of the analysis there is an increase in the average value of students completeness from the pre-cycle (67.7), the first cycle (71.5) and the second (77.2). In addition, based on observations students look more interested so they can improve the learning process of high jump practice.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan gerak dasar lompat tinggi gaya straddle menggunakan alat bantu pembelajaran. Metode yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam wujud proses pengkajian berdaur yang terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas VI semester 11 Sekolah Dasar Negeri 020 Samarinda Ilir. Berdasarkan hasil analisis terdapat peningkatan nilai rata-rata ketuntasan siswa dari pra siklus (67.7), siklus pertama (71.5) dan kedua yakni (77.2). Selain itu, berdasarkan observasi siswa terlihat lebih tertarik sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran praktik lompat tinggi.

Keywords


high jump; straddle style; elementary student; lompat tinggi; gaya straddle; siswa SD

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46—62.

Bajuri, P. E. (2016). Penerapan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle. Jurnal SPORTIF, 2(2).

Citrasari, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Senam Ritmik melalui Media Simpai Pada Anak Kelompok B1 Di TK Negeri Pembina Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Depdiknas. (2006). "Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah

Djumidar, D. (2001). Dasar-Dasar Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104—117.

Febrianti, R. (2013). Pengembangan Materi Atletik melalui Permainan Atletik Three in One untuk Siswa SD Kelas V. Journal of Physical Education and Sports, 2(1).

Hanief, Y. N. (2016, December). Perbedaan Pengaruh Pengunaan Alat Bantu Tali dan Bantuan Teman terhadap Peningkatan Keterampilan Back Handspring. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana UM (pp. 192-202).

Hartati, B. (2010). Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Indrawati, R. (2013). Peningkatan perilaku disiplin siswa melaluipemberian reward dan punishment dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(2).

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).

Ramadan, G. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar passing sepakbola. JUARA: Jurnal Olahraga, 2(1), 1—10.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23—34.

Soekidjo, N. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73—82.

Waluyanto, H. D. (2006). Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Nirmana, 7(1).

Wuryantoro, K., & Muktiani, N. R. (2011). Meningkatkan Keterampilan Senam Meroda melalui Permainan Tali pada Siswa Kelas VIII A MTs Ma’arif NU. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Basri Basri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License