Pembinaan Kedisiplinan Siswa melalui Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Lenita Puspitasari, Cholis Sa’dijah, Sa’dun Akbar

Abstract


Abstract: The focus of this study is the implementation of student discipline guidance through class-based PPK, school culture and community participation. This study used a qualitative approach with a case study research design. Sources of data in this study in the form of photographs, field notes, and interviews. This study uses three stages in data analysis, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that SDN Kauman 1 Malang has implemented disciplinary guidance through PPK in several activities, including (1) class-based KDP starting with planning which includes: making class rules and schedules, class management, and making syllabus and RPP that integrate character values. In the implementation of learning discipline development is carried out through preliminary activities, core, and closing; (2) PPK-based school culture starts from making KTSP, extracurricular activities and habituation; (3) PPK-based community participation starts from making MOu, making a schedule, and PPK activities on the second Saturday of each month. The conclusion of this study is the guidance of student discipline through PPK at Kauman 1 Malang State Elementary School conducted through a class base, school culture, and community participation.

Abstrak: Fokus penelitian ini yaitu implementasi pembinaan kedisiplinan siswa melalui PPK berbasis kelas, budaya sekolah, dan partisipasi masyarakat. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini dalam bentuk foto, catatan lapangan, dan hasil wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga tahap dalam analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Kauman 1 Malang telah menerapkan pembinaan kedisiplinan melalui PPK di beberapa kegiatan, di antaranya (1) PPK berbasis kelas dimulai dengan perencanaan yang meliputi pembuatan tata tertib dan jadwal piket kelas, manajemen kelas, serta pembuatan Silabus dan RPP dengan mengintegrasikan nilai karakter. Pada pelaksanaan pembelajaran pembinaan kedisiplinan dilakukan melalui kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup; (2) PPK berbasis budaya sekolah dimulai dari membuat KTSP, kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan; (3) PPK berbasis partisipasi masyarakat dimulai dari pembuatan MoU, pembuatan jadwal, serta kegiatan PPK pada hari Sabtu minggu kedua setiap bulannya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembinaan kedisiplinan siswa melalui PPK di SDN Kauman 1 Malang dilakukan melalui basis kelas, budaya sekolah, dan partisipasi masyarakat.


Keywords


discipline; character building; primary school; kedisiplinan; pendidikan karakter; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Agboola, Alex & Tsai, K. C. (2012). Bring Character Education into Classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163–170. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Akbar, S, Wahyuni, S, Arafik, M, Samawi, A, Marjanto, D. K, Relisa, Isbandrianingtyas, N. (2017). Laporan Penelitian Kebijakan Pendidikan “Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.” Jakarta.

Akbar, S. (2011). Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Malang: Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Sidang Terbuka, Universitas Negeri Malang.

Akbar, S. (2014). Revitalisasi Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan dengan Pendekatan Komprehensif. In Seminar Pendidikan Karakter Bangsa, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Malang 1 November.

Almerico, G. M. (2014). Building Character Through Literacy with Children’s Literature. Research in Higher Education Journal, 26, 1–13.

Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2016). The Implementation of Character Education Model Based on Empowerment Theatre for Primary School Students. Journal of Education and Practice, 7(1), 26–29. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1089767.pdf

Bayraktar, H. V., & Dogan, M. C. (2017). Investigation of Primary School Teachers’ Perception of Discipline Types They Use for Classroom Management. Higher Education Studies, 7(1), 30. https://doi.org/10.5539/hes.v7n1p30

Degeng, I. N. S. (1998). Mencari Paradigma Baru Pemecahan Masalah Belajar dari Keteraturan Menuju Kesemrawutan. Pengukuhan Guru Besar UM. https://doi.org/10.4324/9780203102992

Freeks, F. E. (2015). The Influence of Role-Players on the Character-Development and Character-Building of South African college students. South African Journal of Education, 35(3), 1–13. https://doi.org/10.15700/saje.v35n3a1086

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter “Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lickona, T. (2013). Character Matters-Persoalan Karakter Bagaimana membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Priansa, J. & Karwati, E. (2014). Manajemen Kelas-Classroom Management-Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Rahayuningsih, S., & Sholikhan. (2016). Disciplinary Character Education at Early Age. IOSR Journal of Research & Method in Education, 6(5), 42–49. https://doi.org/10.9790/7388-0605024249

Rahim Saidek, A., Islami, R., & Abdoludin. (2016). Character Issues: Reality Character Problems and Solutions through Education in Indonesia. Journal of Education and Practice, 7(17), 158–165.

Sa’dijah, C. (2013). Kepekaan Bilangan Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual dan Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(2), 222–227.

Sa’dijah, C., & Wahyuningsih, S. (2004). Pembelajaran Matematika yang Berbasis Pendekatan Problem Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SLTP. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 11(1), 39–47.

Samani, M. & H. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Sastropoetro, S. (1998). Partisipasi, Komunikasi, Persuasi, dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni.

Suryanto. (2016). Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lenita Puspitasari, Cholis Sa’dijah, Sa’dun Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License