Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Cornelia Amanda Naitili, I Made Suardana, M. Ramli

Abstract


Abstract: This study aims to researcing improve beginning writing skill through Synthetic Analytic Structural methods of class I students’. This research was conducted at Catholic In'ane Elementary School, Kefamenanu-NTT. Improving the students’ beginning writing skills through synthetic analytic structural methods was measured using tests and observation sheets. The results of the study indicate that the use of synthetic analytic structural methods can improve students' beginning writing skills.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peningkatan keterampilan menulis permulaan melalui metode struktural analitik sintetik siswa kelas I. Penelitian ini dilakukan di SD Katolik In’ane, Kefamenanu-NTT. Peningkatan keterampilan menulis permulaan siwa melalui metode struktural analitik sintetik diukur menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode struktural dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa.

Keywords


initial writing skills; synthetic structural analytics; elementary school student; keterampilan menulis permulaan; struktural analitik sintetik; siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Bua, T. M. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Permuaan dengan Teknik Scaffolding Berbasis Cerita Bergambar di Kelas I SDN Purwantoro 6 Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, C. (2018). Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 38(1), 8-13.

Sumarni, E. (2000). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetis (SAS) melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).

Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis di SD/MI. Auladuna Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(36), 27–35.

Janawati, D. P. A. Sudiana, I. N., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kartu Kata dalam Permainan Domino terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1).

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner (doing Critical Participatory Action Research). Singapura: Springer.

Kurniaman, O. (2017). Metode Membca SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149-157.

Lisnawati, L., & Muthmainah, M. (2019). Efektivitas Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) di SDN Demangan. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 81.

Mustikowati, D. (2016). Meningkatkan Semangat dan Menulis Siswa Sekolah Dasar dengan Permainan Kata Bersambut. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16–23.

Nuryamah, I. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar dan Papan Bergaris. Pena Ilmiah, 1(1), 761–770.

Patty, R. 2015. Pengembangan Model Induktif Kata Bergambar pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Kelas II SD. Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(2), 172–179.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saddhono, K & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saonah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Media Gambar di Kelas I SD Negeri 222 Pasir Pogor. Elementaria Edukasia, 1(1), 101–107.

Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Indeks.

Solchan T. W., Mulyati, Y., Syarif, M., Yunus, M., Werdiningsih, E., Pramuki, E. B., Badriyah, R., & Setiawati, L. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Banten: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Hidayah, W. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Buku Harian Siswa Kelas I A SDN Plebengan Sidomulyo Bantul Tahun 2015/2016. Basic Education, 5(28), 2713-2720.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Cornelia Amanda Naitili, I Made Suardana, M. Ramli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License