Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Kognitif

Yulisya Zuriatni, Endang Budiasih, Sumari Sumari

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effect of guided discovery learning model with a contextual approach to cognitive learning outcomes. The research used was a quasi-experimental with pretest-posttest control group design. The research sample was taken from two 11th ­year classes SMAN 7 Malang. The experimental class was taught using the guided discovery model of the contextual approach and the control class using a conventional model with a contextual approach. The hypothesis test used is the Independent T-Test. The results showed that the guided discovery model with a contextual approach had an effect on improving the cognitive learning outcomes of students with an average gain score of 0.7 with a very good category.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini diambil dari dua kelas XI MIPA SMAN 7 Malang. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model guided discovery pendekatan kontekstual dan kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan pendekatan kontekstual. Uji yang digunakan adalah Independent T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided discovery dengan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan hasil gain score rata-rata sebesar 0,7 dengan kategori tinggi.

Keywords


guided discovery; contextual approach; cognitive learning outcomes; guided discovery; pendekatan kontekstual; hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

References


Adi., Mestawaty., & Minarni. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 115–125.

Ariyani, R. D., & Mahardika, I. K. (2017). Model Pembelajaran Guided Discovery (GD) disertai Media Audiovisual dalam Pembelajaran IPA (Fisika) di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 397–403.

Cakmakci, G. (2010). Identifying Alternative Conceptions of Chemical Kinetics among Secondary School and Undergraduate Students in Turkey. Journal of Chemical Education, 87(4), 449–455. https://doi.org/10.1021/ed8001336

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Delen, İ., & Kesercioğlu, T. (2012). How Middle School Students’ Science Process Skills Affected by Turkey’s National Curriculum Change? Journal of Turkish Science Education, 9(4), 8.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Illahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vacational Skill. Yogyakarta: Diva Press.

Jannah, D. M., Hasan, M., & Fitri, Z. (2018). Penerapan Model Guided Discovery Learning pada Materi Konsep Mol Kelas X di SMAN 9 Banda Aceh. 3(3), 6.

Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, E. M. (2017). The Effect of Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. Journal of Research & Method in Education, 7(6), 8.

Putranto, T. A., Susatyo, E. B., & Siadi, K. (2013). Pencapaian Ketuntasan Hasil Belajar dengan Model Snowballing Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Chemistry in Education, 2(1).

Putri, D. K., & Dwikoranto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton di Kelas X SMA Negeri 1 Lamongan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3), 161-166.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Septianu, E., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tema Perubahan Zat Berbasis Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Generik dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3), 9.

Sudria, I. B. N., Redhana, I. W., & Samiasih, L. (2011). Pengaruh Pembelajaran Interaktif Laju Reaksi Berbantuan Komputer terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI SMAN 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1), 25–33.

Suryati. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle dipadukan dengan Diagram Alir terhadap Kualitas Proses, Hasil Belajar, dan Kemampuan Metakognitif Kimia Peserta didik Kelas XI SMA Negeri Malang. Skripsi tidak diterbikan. Universitas Negeri Malang, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yulisya Zuriatni, Endang Budiasih, Sumari Sumari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License