Bahan Ajar Berbasis Performansi Madihin Kreatif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis-Berbicara Syair Siswa SMP
Abstract
Abstract: This development research: the goal is to produce Indonesia language learning materials to hone writing skills-speak a decent poem used in terms of contents, systematics, the use of language, and display, as well as test their effectiveness. As for this typeo of researcho is researcho developmento with 4D model (four D model). Basedo ono theo resultso of theo analysis, it waso foundo (1) test results of expert writing materials-talking rhymes, feasible and can be implemented to students and (2) the effectiveness of the use of test results revealed effective learning materials to improve the skills of write-speak poetry by madihin creative performance.
Abstrak: Tujuanopenelitianpengembanganoinioadalahmenghasilkanbahanajaro bahasa Indonesia untuk mengasah keterampilan menulis-berbicara syair yang layak digunakan dari segi isi, sistematika, penggunaan bahasa, dan tampilan, serta menguji keefektifannya. Adapun jenispenelitianyang digunakanadalah penelitiano pengembangandengan model 4D (four D model). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1) hasil uji ahli bahan ajar menulis-berbicara syair layak dan dapat diimplementasikan kepada siswa dan (2) hasil uji efektivitas penggunaan bahan ajar dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis-berbicara syair dengan performansi madihin kreatif.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dirgeyasa, Wy. (2016). oGenre-Based Approach: What and How to Teach and to Learn Writing. Canadian Center of Science and oEducation, 9(9), 45—51. doi: 10.5539/elt.v9n9p45
Ghazali, A. S. (2010). Pembelajaran oKeterampilan Berbahasa: Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung:
PT Refika Aditama.
Jabrohim., Anwar, C., & Sayuti, S. A. (2009). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mu’in, F. (2009). Maungkai Budaya: Esai-esai Kontemplatif tentang Bahasa, Sastra, Seni, Pendidikan dan Politik.
Banjarbaru: Scripta Cendekia.
Muhyidin, A. (2009). Pemertahanan oNilai-Nilai Budaya Lokal odalam Pemelajaran Sastra di Sekolah. (Online),
(http://badanbahasa.kemdikbud.go.id), diakses 03 Nopember 2017.
Rafiek, M. (2012). Pantun Madihin: Kajiano Ciri, Struktur Pementasan, Kreativiti Pemadihin, Pembangunan dan
Pembinaannya di Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu (JPBM), 2(2), 104—114.
Sukiman. (2017). Pengembangan Modul Puisi RakyatoSumbawa sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMP. Tesis
tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Suyono. (2009). Pembelajaran Efektif dan Produktif BerbasisoLiterasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif
Strategi Implikasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni, 37(2), 203—217.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of
Expectional Children. Minneapolis: Special Education University of Minnesota.
Umar, A. 2017. Teori dan Genre oSastra Indonesia. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017. (Online),
(https://www.usd.ac.id), diakses 05 Nopember 2017.
Wainem, W. 2013. oPeningkatan Kemampuan Menulis Narasio Siswa oPada Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Media
Video Compact Disk (VCD) Pada Siswa Kelas V Semester II SDN 03 Karanglo Tahun 2012-2013.
Jurnal Publikasi. (online), (ohttp://eprints.ums.ac.id), diakses 03 Nopember 2017.
Yundiafi, Zahra, S., Jaruki, M., & Mardiyanto. (2000). Analisis Struktur dano Nilai Budayao Sjair Putri Akal dan Syair
Kumbayat. Jakarta: Pusat Bahasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Yunita Noorfitriana, Abdus Syukur Ghazali, Muakibatul Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |