Analisis Proses Berpikir Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Grup Ditinjau dari Gender

Suesthi Rahayuningsih, Feriyanto Feriyanto

Abstract


Abstract: This research was aimed to (1) describe the thinking process of male students in solving group problems; (2) describe the thinking process of female students in solving group problems. This research was carried out at Universitas Islam Majapahit. Subjects in this study were one male student and one female student who had equivalent mathematics skills and comunicative. This research was an explorative research using a qualitative approach. Data collection was done by task-based interviews. The results showed significant differences between the two subjects. At the stage of understanding the problem, the male subject was better at understanding the symbols in the problem than the female subject. But the female subject was better at retelling the question than the male subject. At the stage of problem solving planning, female subject were more consistent in the use of concepts than male subject. At the stage of implementing the settlement plan, male subject were better at using principles and wrote symbol than female subject. At the stage of examining the completion of the female subject more systematically than the male subject.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses berpikir mahasiswa laki-laki dalam memecahkan masalah grup dan (2) mendeskripsikan proses berpikir mahasiswa perempuan dalam memecahkan masalah grup. Subjek dalam penelitian ini adalah satu mahasiswa laki-laki dan satu mahasiswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika yang setara dan komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan kedua subjek. Pada tahap memahami masalah, subjek laki-laki lebih baik dalam memahami simbol yang ada di soal daripada subjek perempuan. Akan tetapi, subjek perempuan lebih baik dalam menceritakan kembali soal yang diberikan daripada subjek laki-laki. Pada tahap merencanakan penyelesaian masalah, subjek perempuan lebih konsistensi dalam penggunaan konsep daripada subjek laki-laki. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, subjek laki-laki lebih baik dalam penggunaan prinsip dan menuliskan simbol daripada perempuan. Pada tahap memeriksa penyelesaian, subjek perempuan lebih sistematis daripada subjek laki-laki.

Keywords


thought process; solution to problem; group; gender; proses berpikir; pemecahan masalah; grup; jenis kelamin

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2015). Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan dan Sains, 3(1), 13–28.

Anderson, J., Betts, S., Ferris, J., & Finchen, J. (2012). Tracking Children’s Mental States While Solving Algebra Equations. Human Brain Mapping, 33(11), 2650–2665.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Chusna, D. S. (2015). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Ditinjau dari Perbedaan Gender. Universitas Sebelas Maret. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika melalui Tugas Open-Ended, 3(9), 91–99.

Fitriani, Y., Jalmo, T., & Yolinda, B. (2015). Hubungan Antara Gender dengan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(5), 1–15.

Fortunatadewi, F. (2012). Pengembangan Program Aplikasi Pengujian Struktur Aljabar(Ring dan turunannya, Field, dan Ideal). Universitas Bina Nusantara. Retrieved from http://library.binus.ac.id/

Idris, N. (2009). Enhancing Students’ Understanding in Calculus Trough Writing. International Electronic Journal of Mathematics Education, 4(1), 36–55.

Indrawati, N., & Tasni, N. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Kompleksitas Masalah dan Perbedaan Gender, 2(1), 16–25.

Irvani, F.A, Suharto & Kurniati, D. (2016). Profil Berpikir Kreatif Siswa Laki-Laki dan Perempuan Kelas VIII SMP Nuris Jember Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Segiempat. Kadikma, 7(1), 105–113.

Khojidah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Leder, G. C., Forgasz, H. J., & Jackson, G. (2014). Mathematics , English and Gender Issues : Do Teachers Count ?, 39(9).

Listiawati, E. (2015). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru pada Konsep Grup, 1(2), 76–86.

Mahmud, D. (2017). Psikologi pendidikan. Jogjakarta: Andi Publisher.

Maulidya, A. (2018). Berpikir dan Problem Solving. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Arab, 4(1), 11–29.

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah:Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 14–31.

Nafi’an, M. I. (2011). Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 978–979). Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Polya, G. (1973). How To Solve It (Second). Princeton,New Jersey:Pricenton University Press.

Prayitno, S., Suwarsono, S., & Siswono, T. Y. E. (2013). Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau dari Gender. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan. (pp. 978–979). Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayuningsih, S. (2014). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Perbedaan Gender. Universitas Negeri Surabaya.

Rahmat, T., & Firmanti, P. (2017). Proses Berpikir Mahasiswa PMTK IAIN Bukittinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Tarbiyah, XXIV(1), 330–150.

Rehelat, A. (2014). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1–11.

Santrock, J. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana media Grup.

Sasser, L. (2010). Brain Differences between Genders.Gender Differences in Learning. Genesis, 5, 1–2.

Widyastuti, R., Usodo, B., & Riyadi. (2013). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(3), 239–249.

Yuniati, S. (2013). Peta Konsep (Mind Mapping) dalam pembelajaran Struktur Aljabar. Gamatika: Jurnal Gagasan Matematika dan Informatika, 3(2), 129–139.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Suesthi Rahayuningsih, Feriyanto Feriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License