Hubungan antara Keterampilan Metakognitif dan Retensi Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Warni Makmur, Aloysius Duran Corebima, Abdul Gofur

Abstract


Abstract: This study aimed to determine the relationship between metacognitive skills and retention of student learning outcomes, as well as the amount of contribution given by metacognitive skills to retention of student learning outcomes. This study was a correlation study. The population were all students of class X (ten) of SMAN 7 Kota Malang. The sample used was class X MIPA 2 students of SMAN 7 Malang which consisted of 34 students. The result showed that there is a relationship between metacognitive skills and retention of student learning outcomes that form the regression line equation Y = 54,712 + 0,253X with the contribution of metacognitive skills to retention of learning outcomes by 17,5%.

Abstrak: Tujuan penelitian menganalisis hubungan keterampilan metakognitif siswa terhadap retensi siswa dan besar sumbangan keterampilan serta besarnya sumbangan yang diberikan keterampilan metakognitif terhadap retensi siswa. Penelitian ini merupakan  penelitian korelasi. Populasi  penelitian  seluruh siswa kelas X SMAN 7 kota Malang. Sampel  penelitian terdiri dari 34 siswa kelas X MIPA 2 SMAN 7 kota Malang. Pengambilan data pada saat posttest dan tes retensi. Temuan penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara keterampilan metakognitif siswa terhadap retensi yang dibelajarkan dengan model PBL membentuk persamaan garis regresi Y= 54,712 + 0,253X  sehingga sumbangan keterampilan metakognitif terhadap retensi siswa 17,5%.

Keywords


metacognitive skills; retention; problem based learning; keterampilan metakognitif; retensi; problem based learning

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21 dalam Konteks ke-Indonesiaan. Bandung.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basith, A. (2013). Kajian Perbandingan Efektivitas Problem Based Learning dan Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif, Pemahaman Konsep Biologi dan Retensi Siswa kelas X SMA dengan Potensi Akademik Berbeda di Kota Malang Comparative Study on the Ef. State University of Malang.

Charleroy, A., Gentry, C., Greco, A., Rubino, N., & Schatz, M. (2011). Arts Education Standards and 21st Century Skills: An Analysis of the National Standards for Education (1994), As Compared to the 21st Century Skills Map for the Arts (No. 45). New York.

Danial, M. (2010). Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan GI terhadap Metakognisi dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM. Universitas Negeri Malang.

Hacker, D. J. (1998). Definitions and Empirical Foundations. In Hacker, D., Dunlosky, J. and Graesser, A. (Eds). Metacognition in Educational Theory and Practice (p. 123). p. 123. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.

Hadi, A. N. (2009). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Husien, L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Malahayati, E. N., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA dalam Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Sains, 3(4), 178–185.

Maulana, I. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan TPS terhadap Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, Hasil Belajar Biologi dan Retensi pada Siswa dari Etnis yang Berbeda di Kota Metro. Universitas Negeri Malang.

Muhlisin, A., Susilo, H., Amin, M., & Rohman, F. (2016). Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau dari Kemampuan Akademik Berbeda pada Perkuliahan Konsep Dasar IPA. In Prosiding, Seminar Nasional Biologi yang Diselenggarakan Oleh FMIPA Unesa.

Nurisya, K., Corebima, A. D., & Rohman, F. (2016). Hubungan Keterampilan Metakognitif dengan Retensi Siswa pada Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) di SMA Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan, Pengembangan, 2(2), 246–251.

Paidi. (2008). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi yang Mengimplementasikan PBL dan Strategi Metakognitif serta Efektivitasnya terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Sleman-Yogyakarta. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Palennari, M. (2012). Pengaruh Integrasi Problem Based Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Kemampuan Akademik terhadap Metakognisi, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, dan Retensi Mahasiswa pada Perkuliahan Biologi Dasar di FMIPA UNM Makassar. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Peters, M. (2000). Does Constructivist Epistemology Have a Place in Nurse Education? Journal of Nursing Education, 39(4), 166–172.

Prayanti, N. P. D., Sadra, I. W., & Sudiarta, P. I. G. P. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Masalah Matematika Tebuka terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas VII SMP Sapta Andika Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 3(1).

Pudyo, S. (2010). Buku Petunjuk Teknis Praktik Pengalaman Lapangan Bidang Studi Pendidikan Biologi. Malang.

Rivers, W. P. (2001). Autonomy at all Costs: An Ethnography of Metacognitive Self-Assessment and Self-Management among Experienced Language Learners. The Modern Language Journal, 85(2), 279–290.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Susanti, E. D., Indrawati, I., & Yushardi, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA (Studi Pada Kelas X MIA SMAN Arjasa Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 255–260.

Swart, A. J. (2014). Using Problem-Base Learning to Stimulate Entrepreneurial Awareness Among Senior African Undergraduate Students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 10(2), 125–134.

Warouw, Z. W. M. (2009). Pengaruh Pembelajaran Metakognitif dalam Strategi Cooperative Script dan Reciprocal Teaching pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Kemampuan dan Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Biologi Siswa, serta Retensinya di SMP Negeri Manado. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Wicaksono, A. G. C., & Corebima, A. D. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif dan Retensi Siswa dalam Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadu Jigsaw kelas X di SMAN 7 Malang. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 4(1), 58–68.

Widodo, S. W. F. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Biologi Cooperative Script dan Reading-Concept Map-Cooperative Script (Remap-CS) terhadap Keterampilan Metakognitif, Motivasi Belajar, dan Retensi Siswa Kelas X SMA di Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Warni Makmur, Aloysius Duran Corebima, Abdul Gofur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License