Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA

Ririk Ajeng Alfianti, Blasius Suprapta, Endang Sri Andayani

Abstract


Abstract: This research aims to determine the effect of interactive learning models on student cognitive learning outcomes, determine the effect of social skills on students 'cognitive learning outcomes, and determine the effect of interaction between interactive learning models and social skills on students' cognitive learning outcomes in history learning in high school. This research was a quasi-experimental with factorial design. The research samples were class X IPS 2 as an experimental class and class X IPS 3 as a control at SMAN 1 Gondanglegi. The research instruments were test, questionnaire, and learning implementation observation sheet. Data analysis technique was two-way ANOVA. The results of this research shows that there is is impact on the use of interactive learning models on student cognitive learning outcomes, there is impact of students' social skills on student cognitive learning outcomes, and there is impact of the interaction between interactive learning models and social skills on student cognitive learning outcomes.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar kognitif siswa, mengetahui pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar kognitif siswa, dan mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran interaktif dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar kognitif siwa dalam pembelajaran sejarah di SMA. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial. Sampel penelitian adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol di SMAN 1 Gondanglegi. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar kognitif siswa, ada pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar kognitif siswa dan ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran interaktif dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Keywords


interactive learning models; social skills; cognitive learning outcomes; history learning; model pembelajaran interaktif; keterampilan sosial; hasil belajar kognitif; pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References


Aman, A. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: Mc Graw Hill Book Co.

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cartledge, G., & Milburn, J. F. (1980). Teaching Social Skills to Children. Oxford: Pergamon Press.

Creswell, J. (2010). Research Design Qualitative and Mixed Qualitative Approach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Firmansyah, H., & Kurniawan, S. (2017). Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Building. Yogyakarta: Ombak.

Fitriani, F., Wahjoedi, W., & Towaf, S. M. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1577–1584.

Koeshandayanto, S. (2013). Pengaruh Strategi Scaffolding-Kooperatif dan Pengetahuan Awal terhadap Prestasi Belajar dan Sikap pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 70–80.

Pada, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif vs Model Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Wacana Bahasa Inggris Siswa SMP Kelas VIII Kupang Nusa Tenggara Timur. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Sayono, J. (2015). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(1), 9–17.

Schunk, D. H. (2012). Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan (6th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Steedly, K. M., Schwartz, A., Levin, M., & Luke, S. D. (2008). Social Skills and Academic Achievement.

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutomo, M. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar IPS SMP di Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 11-18.

Vella, Y., & Caruana, R. (2015). Raising Performance in History Teaching While Improving Secondary Students’ Essay Writing Skills. History Education Research Journal, 13(1), 118–131.

Wahid, A. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar IPS di SDN Kabupaten Bangkalan. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 14-30. http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12016p014




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ririk Ajeng Alfianti, Blasius Suprapta, Endang Sri Andayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License