Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar pada Prestasi Belajar IPS Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar

Laela Lutfiana Rachmah, Sunaryanto Sunaryanto, Yuniastuti Yuniastuti

Abstract


Abstract: This research aims to examine the direct and indirect influence of family environment variables (X1), and the learning facilities (X2) as the independent variable (independent), motivation to learn (Z) as a variable intervening, and student achievement (Y) as a variable bound (dependent). The approach uses is ex post facto with quantitative research. The research sample of 145 students who score 80—100 learning achievement of all class taken by proportionate random sampling method. Retrieving data using questionnaire instrument. The analysis technique used is the classical assumption of normality test, heteroscedasticity and multicollinearity test. The results showed; (1) there is a direct influence of family environment on student motivation with sig. 0.000 <0.05; (2) there is a direct influence of the learning facilities to students' learning motivation with sig. 0.000 <0.05; (3) there is a direct influence of family environment on learning achievement IPS; (4) there is a direct influence of student learning facilities to the student achievement IPS with sig. 0.000 <0.05; (5) there is a direct influence of students' motivation towards learning achievement IPS with sig. 0.020 <0.05; (6) there is the indirect influence of family environment on learning achievement IPS with a total effect of 0.398; (7) the indirect effect includes IPS study on learning achievement which is viewed from student motivation to influence total 0.395.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh langsung dan tidak langsung pada variabel lingkungan keluarga (X1) dan fasilitas belajar (X2) sebagai variable independent, motivasi belajar (Z) sebagai variabel intervening, dan prestasi belajar siswa (Y) sebagai variabel dependent.  Pendekatannya menggunakan ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 145 siswa yang mempunyai nilai prestasi belajar 80—100 dari semua kelas yang diambil dengan metode proportionate random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis yang digunakan yakni asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh langsung lingkungan keluarga pada motivasi belajar siswa dengan nilai sig. 0,000<0,05 ; (2) ada pengaruh langsung antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai sig. 0,000<0,05; (3) ada pengaruh langsung antara lingkungan keluarga terhadap prestasi IPS; (4) ada pengaruh langsung antara fasilitas belajar siswa terhadap prestasi IPS siswa dengan nilai sig. 0,000<0,05; (5) ada pengaruh langsung antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS dengan nilai sig. 0,020<0,05  ; (6) ada pengaruh tidak langsung antara lingkungan keluarga pada prestasi belajar IPS dengan pengaruh total 0,398; (7) ada pengaruh tidak langsung antara fasilitas belajar pada prestasi belajar IPS yang ditinjau dari motivasi belajar siswa dengan pengaruh total 0,395.


Keywords


learning environment; learning facilities; social studies learning outcomes; motivation to learn; lingkungan belajar; fasilitas belajar; hasil belajar IPS; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. (2008). Perlengkapan Sekolahan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(2).

Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamal, S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP N 2 Srumbung. Social Studies, 6(4), 469–479.

Jamil, H., & Azra, F. I. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Solok Selatan. Journal of Economic and Economic Education Vol, 2(2), 85–98.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1–6.

Mega, E. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 115.

Prihatin, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(5), 443–452.

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amirudin, A. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1432–1436.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Rachmah, L. L., Sunaryanto, S., & Yuniastuti, Y. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar pada Prestasi Belajar IPS Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(9), 1168-1176.

Rahman, M. F. (2015). Pengaruh Dukungan Orangtua dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 1(1).

Rohman, A., & Lamsuri, M. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. LaksBang Mediatama bekerja sama dengan Kantor Advokat" Hufron & Hans Simaela".

Sari, W. P. (2005). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Siswa Kelas II Program Keahlian Sekretaris di SMK Batik 1 Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Slameto, S. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyanto, S. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sosial terhadap Hasil Belajar IPS. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015, 72-79.

Supardan, D. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suwardi, D. R. (2012). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1-7.

Yonitasari, D. (2014). Pengaruh Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 241-248.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Laela Lutfiana Rachmah, Sunaryanto Sunaryanto, Yuniastuti Yuniastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License