Eksplorasi Kebutuhan Bahan Ajar Mikrobiologi untuk Mahasiswa

Riza Nurhermi Ningtyas, Endang Suarsini, Mohamad Amin

Abstract


Abstract: This study aims to explore teaching material of Microbiology in the material "Role of Microbes in Life (Bioremediation)" for students of Biology Education S1 Tribhuwana Tunggadewi University. This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques used is by distributing questionnaires. The results of the questionnaire showed that 84% stated that they needed to study more about the use of microbes in life (Bioremediation). 59% of students used teaching materials based on research results and 70% of students stated that teaching materials in the form of modules made it easier to understand biological material. 57% of students strongly agree if an E-module is developed. Based on these results it was concluded that teaching materials in the form of E-modules would be developed for Microbiology courses.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bahan ajar matakuliah Mikrobiologi pada materi “Peranan Mikroba dalam Kehidupan (Bioremediasi)” bagi mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan penyebaran angket. Hasil angket menunjukkan bahwa 84% menyatakan perlu mengkaji lebih dalam tentang pemanfaatan mikroba dalam kehidupan (Bioremediasi). 59% mahasiswa pernah menggunakan bahan ajar berbasis hasil penelitian dan 70% mahasiswa menyatakan bahwa bahan ajar berupa modul memudahkan dalam memahami materi Biologi. 57% mahasiswa sangat setuju jika dikembangkan E-modul. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berupa E-modul untuk matakuliah Mikrobiologi.

Keywords


teaching materials; microbiology; bioremediation; bahan ajar; mikrobiologi; bioremediasi

Full Text:

PDF

References


Al Aslahah, B. H., Amin, M., & Gofur, A. (2017). Kajian Kebutuhan Bahan Ajar Bioteknologi di Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 416–420.

Andini, I. R., Hastuti, U. S., & Gofur, A. (2017). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Mikrobiologi Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Ronggolawe Tuban. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 455–461.

Asmadawati, A. (2014). Perencanaan Pengajaran. Jurnal Darul ‘Ilmi, 02(01), 1–13.

Citrawathi, D. M., Adnyana, P. B., & Santiasa, I. M. P. A. (2016). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Modul Inkuiri Berbasis Pertanyaan (Mibp) di SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 764–774.

Dalyono, B. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Mencapai Kompetensi pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, 29–41.

Daryanto, D. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Ethica, S. N. (2018). Bioremediasi Limbah Biomedik. Yogyakarta: Deepublish.

Fahmi, S., Priwantororo, S. W., & Astuti, D. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia. AdMathEdu, 8(1), 49–58.

Fahruddin, F. (2014). Bioteknologi Lingkungan. Bandung: Alfabeta.

Fidiastuti, H. R. (2018). RPS Mikrobiologi. Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Fitriyati, U., Mufti, N., & Lestari, U. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Riset pada Matakuliah Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sains, 3(3), 118–129.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B. A., & Sjarif, E. (2010). Pendekatan Konstruktivistik dan Pengembangan Bahan Ajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 11(2), 117–128.

Rohmani, M., Amin, M., & Lestari, U. (2017). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Penelitian Materi Bioteknologi Bidang Kedokteran untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang Berdasarkan Model Pengembangan ADDIE. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, 496–501.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275.

Subiantoro, A. W., & Fatkurohman, B. (2009). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2, 111–114.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba pada Mata Kuliah Mikrobiologi. Seminar Pendidikan IPA, 02, 555–562.

Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V., & Reece, J. B. (2016). Campbell Biology (11th ed.). New York: Paerson Higher Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Riza Nurhermi Ningtyas, Endang Suarsini, Mohamad Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License