Analisis Pelaksanaan Perkuliahan SPH II untuk Buku Ajar Perkembangan Embrio Mamalia

Ulya Ruwaida, Mohamad Amin, Umie Lestari

Abstract


Abstract: This study aims to identify the need for the development of SPH II teaching materials on mammalian embryo development material. Data collection research was conducted using student questionnaire sheets. The results of the study show that 100% of students need the development of new teaching materials with research results that present applicative examples in society. As many as 57% of students stated difficulties in using available teaching materials because of the complexity of the language and the absence of evaluation. Mammalian embryo development is an elusive material (43%) and there has never been an explanation of the role of genes in the determination of mammalian twin births. The conclusion of this study is the need for the development of teaching materials in the form of textbooks based on the results of research on the detection and analysis of twin cow marker genes.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan bahan ajar SPH II pada materi perkembangan embrio mamalia. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar angket mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% mahasiswa membutuhkan pengembangan bahan ajar baru berbasil penelitian yang menyajikan contoh aplikatif dalam masyarakat. Sebanyak 57% mahasiswa menyatakan kesulitan dalam menggunakan bahan ajar yang tersedia karena kompleksitas bahasa dan belum adanya evaluasi. Perkembangan embrio mammalia merupakan materi yang sulit dipahami (43%) dan belum pernah terdapat penjelasan mengenai adanya peran gen dalam penentuan kelahiran kembar mamalia. Kesimpulan penelitian ini adalah perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa buku ajar berdasarkan hasil penelitian deteksi dan analisis gen penanda kembar sapi.

Keywords


textbooks; mammalian embryo development; conducting lectures; buku ajar; perkembangan embrio mamalia; pelaksanaan perkuliahan

Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2015). Biologi sebagai Sumber Belajar untuk Generasi Masa Kini dan Mendatang yang Berintegritas dan Berperadapan Tinggi. Naskah Pidato Pengukuran Guru Besar Universitas Negeri Malang.

Bastian, I. (2006). Akuntansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Ditjen Dikti. (2010). Indonesian Qualification Frame. Jakarta: Depdiknas.

Echternkamp, S. E., Cushman, R. A., Allan, M. F., Thallman, R. M., & Gregory, K. E. (2007). Effects of Ovulation Rate and Fetal Number on Fertility in Twin-Producing Cattle. Journal of Animal Science, (85), 3228—3238.

Fadli, R. (2017). Deteksi dan Identifikasi Twinning Rate Gene pada Sapi Kembar Berbasis Mikrosatelit dan Pengembangannya untuk Monograf Genetika tentang Ekspresi Materi Genetik di Perguruan Tinggi. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Hafsah. (2015). Implementasi Riset Based Learning dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang SNEMA.

Harsono. (2008). Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3(1), 4—8.

Hosen, N., Yanofi, H., & Nurnayetti. (2010). Identifikasi Sapi Lokal Pesisir Berpotensi Beranak Kembar di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner 2010.

Inounu, I. (2017). Dukungan Sains dan Teknologi Reproduksi untuk Mensukseskan Program Sapi Indukan Wajib Bunting. WARTAZOA, 27(1), 23—34.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Millah., Budipramana., & Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). Jurnal BioEdu, 1(1), 19—24.

Nasikhawati, A. (2018). Deteksi dan Analisis Kandidat Gen Pengendali Kembar Birth Weight Gene Pada Sapi Potong Lokal Jawa Sebagai Pengembangan Buku Referensi Struktur Perkembangan Hewan 2. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Parmin., & Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8—15.

Primiani, C. A. (2014). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Bahan Alam Lokal Sebagai Estogenik pada Matakuliah Fisiologi Hewan. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014.

Sihotang, C., & Sibuea, M. A. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual dengan Tema “Sehat Itu Penting”. Jurnal Teknologi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2),169—179.

Sumarmi. (2012). Model-model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wakchaure, R., & Ganguly, S. (2016). Twinning in Cattle: A Review. ARC Journal of Gynecology and Obstetrics, 1(4), 1—3.

Widayati, D. T., Luknanto, D., Rahayuningsih, E., Sutapa, G., Harsono, Sanayaningsih, R. P., & Sajarwa. (2010). Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ulya Ruwaida, Mohamad Amin, Umie Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License