Pengembangan Modul Menulis Puisi Lingkungan Menggunakan Strategi 5M

Eka Yuni Agustin, Muakibatul Hasanah, Taufik Dermawan

Abstract


Abstract: Writing poetry is a skill that is considered difficult because it requires practice to write. The reason is because of the lack of learning that leads to the practice of writing poetry in the classroom with the help of adequate teaching materials. The need for teaching materials in the form of modules and appropriate learning strategies to help students learn independently practice writing poetry. The innovative module presents a variety of material so students get new knowledge through the presentation of material in the module. The addition of environmental insights can also provide new knowledge about the importance of maintaining, respecting and preserving the environment. In addition, the use of the 5M strategy that describes concrete verbs will guide and facilitate students in writing poetry.

Abstrak: Menulis puisi termasuk keterampilan yang dianggap sulit karena memerlukan latihan untuk menulis. Penyebabnya karena kurangnya pembelajaran yang mengarah pada praktik menulis puisi di kelas dengan bantuan bahan ajar yang memadai. Perlu adanya bahan ajar berupa modul dan strategi pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa belajar secara mandiri berlatih menulis puisi. Modul yang inovatif menghadirkan variasi materi sehingga siswa mendapatkan pengetahuan baru melalui pemaparan materi dalam modul. Penambahan wawasan lingkungan juga dapat memberikan pengetahuan baru tentang pentingnya menjaga, menghargai, dan melestarikan lingkungan. Selain itu, penggunaan strategi 5M yang memaparkan kata kerja konkret akan memandu dan memudahkan siswa dalam menulis puisi.

Keywords


module development; learning strategies; writing poetry; pengembangan modul; strategi pembelajaran; menulis puisi

Full Text:

PDF

References


Bupu, S. (2018). Pengembangan Modul Menulis Puisi Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kontekstual pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Ngada. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Budiono, E., & Susanto, H. (2006). Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana pada Kelas X Semester I SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 79-87.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul sebagai Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Mengajar. Malang: Gava Media.

Djamarah., & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2), 223-233.

Iskandar, J. (2001). Manusia, Budaya, dan Lingkungan (Kajian Ekologi). Bandung: Humaniora Utama Press.

Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra (Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sari, N. A., Saddhono, K., & Suyitno. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Puisi dengan Metode Field Trip pada Siswa SMP. Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(3), 540-550.

Selibauti, L. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Experiential Learning untuk Siswa SMP Kelas VII. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Jambi, Jambi.

Siswanto, W. (2013). Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing (Anggota IKAPI).

Smaldino, S. E., Deborah L. L., & J. D. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soemarwoto, O. (1994). Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Bandung: Djambatan.

Sufia, R., Sumarmi., & Amirudin, A. (2016). Kearifan Lokal Dalam Melestarikan Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Adat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 726-731.

Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91—101.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajar Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eka Yuni Agustin, Muakibatul Hasanah, Taufik Dermawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License