Idealisasi Ideologi Pancasila untuk Pencegahan Radikalisme melalui Aktivitas Bela Negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga

Afib Rulyansah, Ludfi Arya Wardana, Intan Novita Sari

Abstract


Abstract: This research aims to instill the value of Pancasila through the approach of defending the country or loe of the motherland to prevent the entry of radicalism in the environment Universitas Panca Marga Probolinggo. Research conducted at Universitas Panca Marga Probolinggo, the research method used is qualitative, interview and documentation techniques with descriptive research and analiysis of the resuls used is qualitative research. The conclusion of the results of this study, it can be concluded that student should get basic knowledge to love their homeland more and practice their obligation to maintain and practice the attitude and sense of unity and ubity and love of the homeland in order to avoid radicalism.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pamahaman tentang nilai-nilai Pancasila melalui pendekatan Bela Negara untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air agar mencegah masuknya Radikalisme dilingkungan Universitas Panca Marga Probolinggo. Penelitian dilakukan di Universitas Panca Marga Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan analisis hasil penelitian kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah siswa hendaknya mendapatkan pengetahuan dasar agar lebih mencintai tanah airnya, mengamalkan kewajiban mereka untuk menjaga dan mengamalkan sikap persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air, agar terhindar dari paham yang bersifat radikalisme.

Keywords


ideology pancasila; radicalism; defend country; ideologi pancasila; radikalisme; membela negara

Full Text:

PDF

References


Agus, S. B. (2016). Deradikalisasi Nusantara, Perang Semesta Berbasis Kearifan Lokal, Melawan Radikalisme dan Terorisme. Jakarta: Daulat Press.

Darmodihardjo, D. (1996). Pokok-pokok Filsafat Hukum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depdikbud. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hadi, S. (2004). Metodelogi Riset. Yogyakarta: ANDI.

Hasibuan, M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Khalidjernih, K. F. (2010). Kamus Study Kewarganegaraan, Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Bandung: Widya Aksara.

Latif, Y. (2014). Pancasila dalam Perbuatan. Jakarta: MIZAN.

Moleong, L. J. (2002). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchlas, Samani, & dkk. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

News, D. (2017, Mei 17). Cegah Radikalisme di Kampus, Menristek Akan Terapkan Bela Negara. Dipetik Maret 28, 2019, dari Cegah Radikalisme di Kampus, Menristek Akan Terapkan Bela Negara: https://m/detik.com/news.berita/d-3504238/cegah-radikalisme-di-kampus-menristek-akanterapkan-bela-negara

Noor, & Bakry. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Notonegoro. (1975). Pancasila Secara Ilmiah Populer. Jakarta: Pancuran Tujuh.

Poespowardoyo, S. (1991). Pembangunan Nasional dalam Perspektif Budaya (Suatu Pendekatan Filsafat). Jakarta: UI.

Qardhawi, Y. (2014). Islam Radikal (Analisi Terhadap Radikalisme dalam Berislam dan Upaya Pemecahannya). Solo: Era Intermedia.

Rahayu, A. S. (2013). Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutoyo. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Swisyono, Dwi, & dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Umar, & dkk. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga.

Winarno. (2013). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan (Panduan Kliah di Perguruan Tinngi). Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.13103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Afib Rulyansah, Ludfi Arya Wardana, Intan Novita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License