Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi pada Materi Litosfer Kelas X SMA

Rasti Fajar Peni Riantika, Mukminan Mukminan

Abstract


Abstract: This study aims to determine: The Effectiveness of the Blended Learning Learning Model to improve geography learning outcomes in lithosphere class X SMA material. This research is an experimental research. The research design used was the Pretest-posttest Control Group Design. The results showed that the Blended Learning Learning Model approach was more effective than conventional methods. This is evidenced by testing the hypothesis obtained p value of 0,000, which means the results of significance at α <0.05. Geography learning results using the Blended Learning Learning Model are higher than using the lecture method. The average pre-test and post-test values of the experimental class increased by 12.70, while the mean increase in the control class pre-test and post-test values was 1.50. The increase in the mean of the higher experimental class proves that the results of geography learning on lithospheric material using the Blended Learning Learning Model are better than the lecture method.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar Geografi pada materi litosfer kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan responden 17 siswa kelas X IPS1 sebagai kelas kontrol dan X IPS2 sebagai kelas eksperimen. Desain Penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Blended Learning lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis diperoleh nilai p sebesar 0,000 yang berarti hasil signifikansi pada α < 0,05. Hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran Blended Learning lebih tinggi dibanding menggunakan model konvensional. Rerata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 12,70, sedangkan rerata kenaikan nilai pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 1,50. Kenaikan rerata kelas eksperimen yang lebih tinggi membuktikan bahwa hasil belajar Geografi menggunakan model pembelajaran Blended Learning lebih baik peningkatannya dibanding menggunakan model konvensional.


Keywords


blended learning; geography learning outcomes; high school student; blended learning; hasil belajar geografi; siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Akkoyunlu, B., & Soylu, M. Y. (2008). A Study of Students Perceptions in a Blended Learning Environment Based on Different Learning Styles. Educational Technology & Society, 11(1), 183-193.

Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah dengan Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 597–602.

Fitri, E., Ifdil., & Neviyarni. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 2(2), 84-92, https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i2.2250

Graham, C. R. (2006). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. Charles R. Graham, 13(10/11), 35. https://doi.org/10.2307/4022491

Heinze, A., Procter, C., & Scott, B. (2007). Use of Conversation Theory to Underpin Blended Learning. International Journal of Teaching and Case Studies, 1(1/2), 108. https://doi.org/10.1504/ijtcs.2007.014213

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face, E-Learning Offline-Online dan Mobil Learning. At-Turats, 9(2), 75. https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.318

Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Kooperatif (Make - a Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Ilmu Pendidikan Sains, 3(2), 199–212.

Jamaluddin, A. A., Dwiyogo, W. D., & Hariyanto, E. (2018). Pembelajaran Senam Berbasis Blended Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 1373–1382.

Kusni, M. (2010). Implementasi Sistem Pembelajaran Blended Learning pada Kuliah AE3121 Getaran Mekanik di Program Studi Aeronotika dan Astronotika. Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) Ke-9, 13–15.

Mujiono., Degeng, I. N. S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan Pembelajaran Sistem Blended Berbasis Universal Design for Learning untuk Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 758–763.

Mukminan. (2014). Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat Panitia Ardgiss In Motion (AIM) Fakultas Geografi UGM , 2014 Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMP dan SMA Dalam Kurikulum 2013. 0–14.

Qamar, K., & Riyadi, S. (2018). Efektivitas Blended Learning menggunakan Aplikasi Telegram. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(1), 1–15.

Sodikin., Noesasongko, E., & Pramudi, T. C. (2009). Jurnal Penyesuaian dengan Modus Pembelajaran untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2), 740–754.

Sudarman. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning terhadap Perolehan Belajar Konsep dan Prosedur pada Mahasiswa yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1), 107-117.

Waty, N. L., Sumarmi, S., & Susilo, S. (2018). Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi melalui Model Blended Learning di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 9–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rasti Fajar Peni Riantika, Mukminan Mukminan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License