Buku Ajar Ekologi Komunitas Serangga Berbasis Problem-Based Learning untuk Mahasiswa

Danial Mursyd, Suhadi Suhadi, Fatchur Rohman

Abstract


Abstract: The purpose of this development research is to produce a problem-based learning insects community ecology textbook that meet the requirements for validity and practicality. The development model used is the ADDIE model which consists of analyze, design, develop, implement, and evaluate. the primary data in this research obtained from validity questionnaires and practicality. The results of the research showed that the validation of material experts scored 93.33% with a very valid category. Validation from media experts showed a score of 95% with a very valid category. Validation from field practitioners gained a score of 75% with a practical category, and the results of trials from students obtained a score of 82.78% with a very practical category.

Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan buku ajar ekologi komunitas serangga berbasis problem-based learning yang memenuhi syarat kevalidan dan kepraktisan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari analyze, design, develop, implement, and evaluate. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari angket validitas dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi mendapat nilai 93,33% dengan kategori sangat valid. Validasi dari pakar media menunjukkan skor 95% dengan kategori sangat valid. Validasi dari praktisi lapangan memperoleh skor 75% dengan kategori praktis, dan hasil uji coba dari siswa memperoleh skor 82,78% dengan kategori sangat praktis.

Keywords


textbooks; ecology; problem based learning; buku ajar; ekologi; problem based learning

Full Text:

PDF

References


Achyani, A., Rustaman, N. Y., Redjeki, S., & Choesin, D. N. (2010). Model Penulisan Buku Ajar Biologi SMA Berwawasan Ekologi dan Lokal untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v1i1.180

Akbar, S. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Koleksi Buku 2010 Konstruksi Pengembangan Pembelajaran : Pengaruhnya terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Anggela, M., Masril, & Darvina, Y. (2013). Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Materi Usaha dan Momentum untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA. Pillar of Physics Education, 1(1), 63–70.

Arends, R. (2012). Learning to Teach. New York: Mc Graw-Hill.

Arifin, S., & Kusrianto, A. (2011). Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Jakarta: Grasindo.

Arsika, I. M. B., Sudiarawan, K. A., Dharmawan, N. K. S., Samsithawrati, P. A., Widhyaastuti, I. G. A. D., & Mahartayasa, M. (2016). Buku Pedoman Problem Based Learning (PBL). Denpasar: Unit Penjamin Mutu Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Barroh, H., Susantini, E., & Ducha, N. (2012). Pengembangan Buku Ajar Berjendela pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk SMP RSBI. Bioedu, 1(2), 5–9.

Branch, R. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science Buisinnes Media, LLC.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Depari, T. V., Manurung, B., & Sudibyo, M. (2016). Pengembangan Buku Ajar Biologi Topik Ekologi Kelas VII SMP Berbasis Penemuan Terbimbing dengan Memanfaatkan Lingkungan Kebun Sayur. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 233–241. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i1.4326

Hanifah, U. (2014). Pentingnya Buku Ajar yang Berkualitas Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal At-Tajdid, 3(1), 99–121.

Jailani,. & Retnawati, H. (2016). Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 111–123.

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(3), 17–38.

Leksono, S. M., Syachruroji, A., & Marianingsih, P. (2015). Development of Biology Conservation Teaching Materials Based on Ethnopedagogy. Jurnal Kependidikan, 45(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7494

Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 1–7.

Majid, A. (2012). Perancangan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustafa, D. A. I., & Efendi, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Cerita Berbasis Pendekatan Proses bagi Siswa SMP. LingTera, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8469

Natalia, D., Lufri, L., & Sumarmin, R. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bermuatan Studi Kasus pada Materi Ekosistem untuk Siswa SMA/MA Kelas X. Kolaboratif, 2(1), 97–104.

Newman, M., & Evans, J. (2004). Problem Based Learning : An Exploration of the Method and Evaluation of its Effectiveness in a Continuing Nursing Education Programme . In Lifelong Learning. London: School of Lifelong Learning & Education, Middlesex University.

Nurmita, F. (2017). Pengembangan Buku Ajar Siswa dan Buku Guru Berbasis Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Matematika Siswa Kelas VII SMP Al Karim Kota Bengkulu. EDU-MAT, 5(1), 86–98.

Rahman, M. A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Penulisan Artikel Jurnal Program Studi PBSI Program Magister

Ristekdikti. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Jakarta: Kemenristekdikti.

Rohani, A. (2017). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Leaning itu perlu: Untuk Meningkatkan Professionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sadjati, I. M. (2012). Hakikat Bahan Ajar. In Pengembangan Bahan Ajar.

Sani, R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, E. (2017). Penggunan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi pada siswa kelas V SDN Sukarasa II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Tahun pelajaran 2014-2015 ). Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 16-29.

Segoro, B., Sapto, A., & Yuniastuti. (2019). Buku Ajar Tematik Berbasis Muatan Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 1–5.

Setyawati, D. L., Rahayuningsih, M., Ahmad, T. A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berkarakter di Universitas Negeri Semarang. Indonesian Journal of Conservation, 2(1), 33-44.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogja.

Syari, E. M., Sumarmin, R., & Ahda, Y. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dilengkapi Video Pembelajaran dengan Pendekatan CTL pada Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan untuk Kelas V SD. Kolaboratif, 1(1), 13-21.

Tejo, N. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35.

Warsiman. (2014). Kurikulum dan Masyarakat : Sebuah Korelasi yang Tak Terpisah.

Yenti, I. N. (2009). Pendekatan Kontekstual (CTL) dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. Ta’dib, 12(2), 118–125.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Danial Mursyd, Suhadi Suhadi, Fatchur Rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License