Aktualisasi Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Pembelajaran

Hafizhatul Amanah, Imron Arifin, Sugeng Utaya

Abstract


Abstract: The purpose of the study was to determine the process of actualization PPK’s (strengthening character education) program that using by MTs Khadijah and SMPN 2 Malang. The study used qualitative data by the sources were the principal, public relation, student center, and counseling. The technique used to check the validity of data include a process of credibility, dependability and conformability, and the data analysis was performed by collecting, condensation, display and drawing conclusion. The actualization process is carried out thorough the planning, implementation and controlling process. (1) planning is carried out after there is a submission about the activity by considering the character’s value, making a schedule, establishing the person in charge and evaluation schedule. (2) PPK’s program is actualized through intra-curricular, co-curricular and extracurricular activities, (3) controlling are carried out directly and not as an example of monitoring in CCTV.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengaktulisasian PPK peserta didik di MTs Khadijah dan SMPN 2 Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yaitu kepala sekolah, humas, kesiswaan dan BK. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabasahan data melalui proses kredibilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan, pengembunan, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses aktualisasi dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan. (1) perencanaan dilakukan setelah adanya usulan yang mempertimbangkan nilai-nilai karakter, pembuatan jadwal, pembentukan penanggungjawab dan jadwal evaluasi kegiatan. (2) PPK diaktualisasikan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, (3) pengontrolan kegiatan dilakukan secara langsung dan tidak seperti contoh pemantauan melalui CCTV.

Keywords


actualization; strengthening character education; learners; aktualisasi; penguatan pendidikan karakter; peserta didik

Full Text:

PDF

References


Agung, L. (2018). Character Education Integration in Social Studies Learning. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah. 12(2), 392-403. https://doi.org/10.17509/historia.v12i2.12111

Banusu, F. (2019). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Spiritualitas (Studi Multi Situs di SDK Mardi Wiyata 1 dan SDK Indriyasana Malang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research Based Character Education. Annals of the American Academy of Political and Social Science. https://doi.org/10.1177/0002716203260082

Bogdan, R. C., & Bikien, S. K. (1998). Qualitative Research for Education. In Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods.

Chusnani, D. (2013). Pendidikan Karakter Melalui Sains. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 9-13.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. SAGE Publication.

Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 54-64.

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 3(2), 33-42.

Effendy, M. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter: Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Tim PPK Kemendikbud. Jakarta.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Kabilah (Journal of Social Community), 1(1), 198-207.

Imron A., Maisyaroh., & Burhanuddin. (2003). Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Imron, A. (2015). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Isnaini, R. L. (2016). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 35-52. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-03

Jaya, H. (2013). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Paraktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 81-90. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1019

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,16(9), 280-289. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519

Krakowiak, K. M., & Tsay-Vogel, M. (2013). What Makes Characters’ Bad Behaviors Acceptable? The Effects of Character Motivation and Outcome on Perceptions, Character Liking, and Moral Disengagement. Mass Communication and Society. 16(2) https://doi.org/10.1080/15205436.2012.690926

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Nondikotomik (Upaya Membangun Bangsa Indonesia Seutuhnya). Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 137-152.

Mislia, M., Mahmud, A., & Manda, D. (2016). The Implementation of Character Education through Scout Activities. 9(6). International Education Studies. https://doi.org/10.5539/ies.v9n6p130

Moleong, L. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mustoip, S., Japar, M., & Zulela, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Nasihin, S. & S. (2011). Manajemen Peserta Didik: Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Salim, A. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya). 2(1). ttps://www.neliti.com/publications/256501/manajemen-pendidikan-karakter-di-madrasah

Slamet, S. (2017). Implementasi Standar Manajemen Iso 9001:2015 Pada Lembaga Amil Zakat (Laz) Nasional (Studi Nu Care-Lazisnu). 1(1). Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam. https://doi.org/10.22373/al-idarah.v1i1.1523

Sobri, A. Y. (2017). Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. 24(2).

Sonhadji, A., & Huda, M. A. (2015). Asesmen Kebutuan, Pengambilan Keputusan, dan Perencanaan: Matarantai dalam Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? . Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47-58.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarni, S., Dardiri, A., & Zuchdi, D. (2015). Developing A Model of Social Capital Enforcement-Based Character Education for The Students of Sunan Kalijaga Islamic State University, 3(1). Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(1), 44-57. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7811

Suparno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 62-73.

Suyadi. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taufiqurokhman. (2008). Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hafizhatul Amanah, Imron Arifin, Sugeng Utaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License