Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan

Nova Suci Lestari Pakniany, Ali Imron, I Nyoman Sudana Degeng

Abstract


Abstract: This study aims to determine the management of community participation in organizing education in junior high schools. qualitative approach was used in this research with multi-site study design. Through observation, interviews and documentation to collect data. The results of this study indicate that: (1) participation required: thoughts, energy, facilities and goods owned by the community, (2) elements of community participation: KTBT, parents of students, village institutions, religious leaders, ( 3) in the program to increase participation by analyzing problems, potentials and needs of the community, (4) recognizing the existence of the community, fostering a sense of belonging, trust, including community leaders in every activity and giving freedom to provide input and advice, (5) level community participation from both schools is still at the level of placation, (6) the results and the impact of community participation are felt by the school and the community itself.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jalanya manajemen partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan desain studi multi situs. Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran serta yang dibutuhkan: pikiran, tenaga, fasilitas dan barang yang dimiliki masyarakat, (2) unsur peran serta masyarakat: KTBT Pulau Damer, orangtua peserta didik, lembaga desa, pemuka agama, (3) dalam program untuk meningkatkan peran serta dengan menganalisis masalah, potensi serta kebutuhan masyarakat, (4) mengakui keberadaan masyarakat, menumbuhkan rasa memiliki, rasa kepercayaan, mengikutsertakan tokoh masyarakat dalam setiap kegiatan dan memberilakn kebebasan dalam memberikan masukan dan saran, (5) tingkat peran serta masyarakat dari kedua sekolah masih berada dalam tingkat placation, (6) hasil dan dampak peran serta masyarakat dirasakan oleh pihak sekolah dan masyarakat itu sendiri.


Keywords


public; organization of education; masyarakat; penyelengaraan pendidikan

Full Text:

PDF

References


Deviyanti, D. (2013). Studi Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah. E-Journal Administrasi Negara, 1(2), 380-394.

Dwiningrum, S. I. A. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Firmansyah, H. (2012). Tingkat Keberdayaan Masyarakat dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Agribisnis Perdesaan, 2(1), 53-67.

Hadi, A. P. (2015). Konsep Pemberdayaan, Partisipasi dan Kelembagaan Dalam Pembangunan. Yayasan Agribisnis/Pusat Pengembangan Masyarakat Agrikarya, 1(1), 1-14.

Handayani, R. (2011). Analisis Partisipasi Masyarakat Dan Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Manajemen Bencana di Kabupaten Serang Provinsi Banten. 1(2). Simposium Nasional Otonomi Daerah: http://lab-ane.fisip-untirta.ac.id/wp-content/uploads/2011/06/33%20riny%20handayani.pdf

Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Program-Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 97-108. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8111 Proceeding Simposium Nasional Otonomi Daerah 201

Imron, A. (2012). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia: Proses, Produk & Masa Depannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Isma Coryanata. (2007). Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat, dan Transparansi Kebijakan Publik sebagai Pemoderating Hubungan Pengetahuan Dewan tentang Anggaran dan Pengawasan Keuangan Daerah (APBD). 1(2). Simposium Nasional Akuntansi X. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kadir, S. F. (2013). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Al-Ta-Dib, 6(1), 164-175.

Laksana, N. S. (2013). Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa dalam Program Desa Siaga di Desa Bandung Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Lukito, R. (2012). Manajemen Peran Serta Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Magriasti, L. (2011). Arti Penting Partisipasi Masyarakat dalam Kebijakan Publik di Daerah : Analisis dengan Teori Sistem David Easton. 1(1). Proceeding Simposium Nasional Otonomi Daerah 2011: http://www.academia.edu/download/31087489/48-90-1-SM.pdf

Mariana, D. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Kebijakan. CosmoGov: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(1), 216-229. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v1i2.11834

Moleong, L. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, M. (2008). Partisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Kebijakan Publik Bidang Pendidikan di Kota Surakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12(2), 268-284.

Nuraeni, S. H., Rachim, H. A., & Gutama, A. S. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Pelaksanaan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13653

Prayitno, D. (2008). Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Kebijakan Pemerintah. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Diponegoro, Semarang.

Ratiabriani, N. M., & Purbadharmaja, I. B. P. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Program Bank Sampah: Model Logit. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 9(1), 53-58.

Rosyida, I., & Nasdian, F. T. (2011). Partisipasi Masyarakat Dan Stakeholder Dalam Penyelenggaraan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya terhadap Komunitas Perdesaan. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 5(1), 51-70. https://doi.org/10.22500/sodality.v5i1.5832

Sugiyono. (2014). memahami metode kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suroso, H., Hakim, A., & Noor, I. (2014). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan di Desa Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Wacana: Jurnal Sosial dan Humaniora, 17(1), 7-15.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Widjajanti, K. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 12(1), 15-27. https://doi.org/10.23917/jep.v12i1.202

Zaini, A., Zakso, A., & Syukri, M. (2014). Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(11), 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nova Suci Lestari Pakniany, Ali Imron, I Nyoman Sudana Degeng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License