Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Handout Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan

Endah Sulistyowati, Fatchur Rohman, Ibrohim Ibrohim

Abstract


Abstract: The study was conducted to produce a guided inquiry learning model on ecosystem material and environment pollution aided by handout based on the local potential of mangrove forest Pantai Duta to improve critical thinking skills and environmental awareness. The type of research is development research with reference to the ADDIE development model. The research sample of 64 students of 7th class SMPN 2 Paiton. Research data collection using validation sheets, questions about critical thinking skills, and questionnaires. The result of the study state that the guided inquiry learning tool is valid and practical, and can improve critical thinking skills and environmental care attitudes.

Abstrak: Penelitian dilakukan untuk menghasillkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing materi ekosistem dan pencemaran lingkungan berbantuan handout berbasis potensi lokal hutan mangrove Pantai Duta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa kelas VII SMPN 2 Paiton. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar validasi, soal kemampuan berpikir kritis, dan angket. Hasil penelitian menyatakan bahwa perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing valid dan praktis, serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan.

Keywords


guided inquiry; critical thinking skills; attitude of caring for the environment; inkuiri terbimbing; kemampuan berpikir kritis; sikap peduli lingkungan

Full Text:

PDF

References


Annisha, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal Pantai Lhoksemawe dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Penmahaman Konsep, dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMK Negeri 6 Perikanan dan Kelautan. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Arsa, I. P. (2015). Belajar dan Pembelajaran Strategi Belajar yang Menyenangkan. Yogyakarta: Media Akademia.

Badan Standar Nasional. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional di Abad 21. Jakarta.

Branch, R. M. (n.d.). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Cleverly, D. (2003). Implementing Inquiry-Based Learning in Nursing. London: Routledge.

Coffman, T. (2009). Engaging Students Through Inquiry-Oriented Learning and Technology. New York: Rowman & Littlefield Education.

Dahlia. (2017). Pengembangan Pembelajaran Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Menggunakan Inkuiri Terbimbing Bersumber Belajar Hutan Wisata Baning Kalbar untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Falensia, A. (2019). Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran Bilogi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Faridah. (2012). Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Sulawesi Selatan: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.

Febriana, I., Ibrohim., & Mahanal, S. (2016). Potensi Pembelajaran Inkuiri dalam Menumbuhkan Sikap Siswa terhadap Lingkungan. Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 959–969. Malang: Pascasarjana UM.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A guide To Evaluating Mastery And Authentic Learning. United Kingdom: SAGE Publications Ltd.

Harun. (2008). Pengertian Pendekatan dan Metode. Direktori File UPI, 1–11.

Hatimah, I. (2006). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di. Mimbar Pendidikan, 25(1), 39–45.

Llewelyn, D. (2013). Implementing Inquiry and Argument Based Science Standards in Grade 3-8, Third Edition. USA: Corwin A Sage Company.

Mukminan. (2014). (Mari wes) Tantangan Pendidikan di Abad 21 Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1–11.

Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implikasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nufus, S. H., & Gani, A., S. (2017). Pengembangan Instrumen Sikap Berbasis Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 44–51.

Nuryati, L., Diantoro, M., & Zubaidah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.732

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Jakarta.

Ratnasari., Endang, A., & Maknun, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Sikap Peduli terhadap Lingkungan pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMPN 3 Sumber. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 1-9.

Sanjaya, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 51–57.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Endah Sulistyowati, Fatchur Rohman, Ibrohim Ibrohim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License