Modul Identifikasi Aksi Gen F2 Tanaman Kedelai Berbasis Discovery Learning untuk Siswa SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul berbasis Discovery Learning pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/dx.doi.org/10.26418/jpmipa.vllil.31381
Belawati. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science+Business Media, LLC.
Brigenta, D., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). Pengembangan Modul berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 167–173.
De Jong, T., & Joolingen, W. R. van. (1998). Scientific Discovery Learning with Computer Simulation of Conceptual Domains. 68(2), 179–201.
Dwijayanti, Y. (2012). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kinematika di Kelas X SMA.
Ermaniatu, N., & Taufik, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Cetak berbasis Penilaian Kinerja sebagai Sumber Belajar bagi Siswa SD Kelas VI. School Education Jurnal PGSD FIP UNIMED, 7(3), 285–295.
Faot, M. M., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2016). Pengembangan Modul Teknik Budidaya Tanaman Kedelai sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Kejuruan. 1(7), 1421–1426.
Hakim, L. (2010). Keragaman Genetik, Heritabilitas dan Korelasi Beberapa Karakter Agronomi pada Galur F2 Hasil Persilangan Kacang Hijau (Vigna radiate (L.) Wilezek). Berita Biologi, 10(1), 3–32.
Handoko, A., Sajidan., & Maridi. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Inkuiri, 5(3), 144–154.
Hartman, G. L., Pawlowski, M. L., Herman, T. K., & Eastburn, D. (2016). Review Organically Grown Soybean Production in the USA: Constraints and Management of Pathogens and Insect Pests. Agronomy, 6(16).
Holden, J. T. (2009). An Instructional Media Selection Guide for Distance Learning. United States Distance Learning Association.
Jamillah, I Nyoman, J., & Desak. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Mata Pelajaran IPA Siswa SD Nomor 1 Baktiseraga Kelas IV. E-Jurnal Edutect Universitas Pendidikan Ganesa, 8(2).
Karnes, F. A., & Bean, S. M. (2009). Methods and Materials for Teaching the Gifted. Third Edition. Prufrock Press Inc.
Kharisma, B. (2018). Determinan Produksi Kedelai di Indonesia dan Implikasi Kebijakannya. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(3), 679–710.
Krisnawati, A., & Adie, M. (2011). Heterosis, Heterobeltiosis dan Tindak Gen Karakter Agronomik Kedelai (Glycine max (L.) Merrill). Berita Biologi, 10(6), 827–836.
Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Ridlo, U. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(1), 171–193.
Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS-2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit, 6(1), 1–16.
Sibuea, S. K., Syaukani, & Nasution, W. N. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah TPI Medan. Edu-Riligia, 3(3), 386–393.
Sukiman. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran. Pustaka Insan Madani.
Sungkono. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Supriyono, A., Idrus, S. I., Buana, I. C., Sihombing, I. N., & Noviar, M. H. (2019). Modul Presentasi dengan Infografis.
Sutrisno, & Kuswantoro, H. (2016). Cowpea Mild Mottle Virus (CpMMV) Infection and Its Effect to Performance of South Korean Soybean Varieties. Biodiversitas, 17(1), 129–133.
Widotono, H., & Arifin, M. Z. (2018). Upaya Peningkatan Produksi Kedelai (Glycine max Merr.) sebagai Upaya Meningkatkan Keuntungan Petani di Jawa Timur. J-SEP, 2(1), 38–47.
Wulandari, P., Khairil, & Safrida. (2017). Penerapan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sel di MAN Darussalam. Jurnal Biotik, 5(1), 11–21.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Miftahussa’adiah Miftahussa’adiah, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |