Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning Siswa SMK Pertanian pada Materi Pewarisan Sifat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, P., Muhdhar, M. H. I. Al, & Amin, M. (2014). Pengembangan Modul Inkuiri Berorientasi Life Skills pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Biologi, 11(1), 871–879.
Aidi-Daslin., & Sayurandi. (2011). Heterosis dan Heritabilitas pada Progeni F1 Hasil Persilangan Kekerabatan Jauh Tanaman Karet. Jurnal Penelitian Karet, 29(1), 1–15.
Alfiantara, A., Kusumo, E., & Susilaningsih, E. (2016). Pengembangan Modul Berorientasi Problem Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1769–1777.
Arends. (2008). Learning to Teach. Pustaka Pelajar.
Arsyad, D. M., Adie, M. M. M., & Kuswantoro, H. (2007). Perakitan Varietas Unggul Kedelai Spesifik Agroekologi. Kedelai – Teknik Produksi dan Pengembangan, 205–228.
Aryana. (2010). Uji Keseragaman, Heritabilitas, dan Kemajuan Genetik Galur Padi Beras Merah Hasil Seleksi Silang Balik di Lingkungan Gogo. Crop Agro: Jurnal Ilmiah Budidaya Pertanian, 3(1), 10-17.
Barmawi, M. (2007). Pola Segregasi dan Heritabilitas Sifat Ketahanan Kedelai terhadap Cowpea Mild Mottle Virus Populasi Wilis X MLG2521 252 Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika, 7(1), 48-52.
Belt, S., Evans, E., McCreedy, T., Overton,T. & Summerfield, S. (2002). A Problem Based Learning Approach to Analytical and Applied Chemistry. University Chemistry Education, 6, 65-72.
Boud. (1985). Problem-Based Learning in Perspective. In : Boud, D. (ed). Problem-Based Learning in Education for the Professions. Sydney: HERDSA.
Branch. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer New York Dordecht Heidelberg.
Depdiknas. (2008). Perangkat Pembelajaran SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Gustinasari, M., Lufri., & Ardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 60–73.
Krisanti, E. & Mulia, K. (2016.). Penerapan Metode Problem- Based Learning (PBL). Leutika Nouvalitera.
Kusumaningtias, B., Zubaidah, S., & Indriwati, S.E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Pendidikan Tahun, 23(1), 33–47.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Akademia Permata.
Loyens, S. M. M., & Paas, F. (2011). Problem-based learning. In K. R. Harris, S. Graham & T. Urdan (Eds.), APA Educational Psychology Handbook: Vol 2 (p. a). Washington: American Psychological Association.
Lubis, N. A., Rosmayanti, & Hanafiah, D. S. (2015). Persilangan Genotipe-Genotipe Kedelai (Glycine max L. Merrill.) Hasil Seleksi pada Tanah Salin dengan Tetua Betina Varietas Grobogan. Jurnal Online Agroekoteknologi, 3(2337–6597), 291–298.
Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Makmun. (2005). Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mayo, P., Donnelly, M.B., Nash, P.P. & Schwartz, R.W. (1993). Student Perceptions of Tutor Effectiveness in a Problem-Based Surgery Clerkship. Teaching and Learning in Medicine: An International Journal, 5, 227–233.
Nasir. (2001). Pengantar Pemuliaan Tanaman. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Ningsih, F., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2017). Karakteristik Agronomi Plasma Nutfah Kedelai (Glycine max L. Merill). Pros. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, 437-444.
Pranata, B. D., Mahanal, S., Lestari, U. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Discovery Inquiry pada Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa Kelas XI SMA. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Primarinda, I., Prayitono, A, B., & Maridi. (2015). Pengembangan Modul Berorientasi Problem Based Learning pada Materi Pencemaran untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Karanganyar. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Sadjati. (2004). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia.
Susanti. (2015). Pengembangan Modul Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Pendekatan Sains Lingkungan Teknologi dan Masyarakat sebagai Upaya dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Susilo.A., Siswandari., & Bandi. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntasi Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial., 26(1).
Syukur, M., S. Sujiprihati., R. Yunianti., & D. A. Kusumah. (2011). Pendugaan Ragam Genetik dan Heritabilitas Karakter Komponen Hasil Beberapa Genotipe Cabai. Journal Agrivigor Indonesia, 10(2), 148-156.
Welsh. (1991). Dasar-Dasar Genetika dan Pemuliaan Tanaman. Terjemahan Johanes P. Mogea. Erlangga, Jakarta.
Welty. (2007). The ‘Design’ Phase of The ADDIE Model. Journal of GXP Compliance, 12(4), 40-48.
Whitcombe. (2013). Problem-Based Learning Student’s Perceptions of Knowledge and Profesional Identity: Occupational Therapists as ‘Kowers’. British Journal of Occupational Therapy, 76(1), 37-42.
Yuan, H., Kunaviktikul, W., Klunklin, A. & Williams, B.A. (2008). Promoting Critical Thinking Skills Through Problem Based Learning, 2(2), 85–100.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Adelima Dyah Kartika, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |