PROSES DAN BENTUK MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SMA UNGGULAN KOTA MALANG (PERSPEKTIF ETNOMETODOLOGI)

Isa Wijiningtyas, Ach Fatchan, I Nyoman Ruja

Abstract


This research aims to to describe the kinds of motivational guides in learning geography of the students in SMA N 5 Malang, and to describe the forming process and students’ motivation in learning geography by using Etnomethodology perspective. The research results of the motivation guide in learning geography of the students in SMA N 5 Malang are the enthusiasm of achievement, to participate in geography Olympiad, geography as a preferred subject, actively to learn geography in class, apprehension to get the bad score, the study preparation before geography test, to make the parents proud, learning geography at home, the confidence to have a good score in geography, to join the study activity outside the school, taken a decisively thinking when geography lesson held, competing with fellow students, sense of challenge in learning geography, and feel of benefit in learning geography. The second result of the motivation guide in learning geography of the students in SMA N 5 Malang is geography subject is unique and attractive because the subject has rich of materials, not only experiencing about nature phenomenon, but also social occurrence.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan proses pemahaman motivasi siswa belajar geografi siswa menggunakan prespektif Etnometodologi. Hasil penelitian bentuk motivasi belajar geografi siswa SMA Negeri 5 Malang yaitu merasakan manfaat belajar geografi, cita-cita yang terinspirasi dari pelajaran geografi, keinginan yang kuat menjadi siswa yang berprestasi, mengikuti kelas olimpiade geografi, merasa senang saat pelajaran geografi, aktif  pelajaran geografi dikelas, takut mendapatkan nilai ulangan yang jelek, belajar sungguh-sungguh sebelum ulangan geografi, mempunyai tanggung jawab belajar dan ingin membanggakan orang tua, mempunyai kebiasaan belajar georafi secara rutin di rumah, yakin mendapatkan nilai geografi yang bagus, mengikuti kelas tambahan belajar di luar rumah, berfikir kritis saat pelajaran geografi, mempunyai perasaan bersaing dengan teman-teman sekelas, merasa tertantang ingin lebih banyak belajar geografi. Hasil penelitian ke dua pemahaman motivasi belajar geografi siswa SMA Negeri 5 Malang bahwa pelajaran geografi menarik dan unik karena di mata pelajaran tersebut kaya akan materi-materi, bukan hanya mengenai fenomena alam namun juga fenomena sosial.


Keywords


Motivation; Etnomethodology; motivasi belajar; etnometodologi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. H. 2001. Self-directed Learning (ERIC degest. No.169). Bloomington: ERIC Clearinghouse on Reading.

Chung Shih, Ching & Julia Gammon. 2012. Web-Based Learning: Relationship among Student Motivation, Attitude, Learning

Styles, and Achievement. Journal of Agricultural Education (Online), Volume 42, Issue 4, 2001,

(pubs.aged.tamu.edu/jae/pdf/Vol42/42-04-12.pdf, diakses 15 Februari 2015).

Desfarani. 2008. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sijunjung.

(Online), (http://repository.unand.ac.id/11728/1/1/IMG.pdf, diakses 9 April 2015).

Djamarah, S. B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwipurwani, Oki, dkk. 2012. Faktor-Faktor yang Memhubungani Prestasi Mahasiswa ditinjau dari Karakteristik Lingkungan

Kampus (Studi Kasus di Jurusan Matematika FMIPA), (Online), (http://jpsmipaunsri.files.wordpress.com/2012/03/v15- n01-a-1-oki-1-5-.pdf, diakses 12 Februari 2015).

Gagne, R.M. 1984. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Garrison, 1997. Konsep Belajar Mandiri, (Online), (http://banjarnegarambs.wordpress.com/2008/09/10/kemandirian-belajar-siswa,

diakses 1 Maret 2015).

Hamalik, O. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Kiswoyowati, A. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal

Pendidikan.

Pintrich, P. R. & Elisabeth V. De Groot. 1990. Journal of Educational Psychology 1990. Vol.82, No. 1, 33—

,(Online), (www.stanford.edu/self-regulation/self-regulated, diakses 14 Oktober 2014).

Poerwanto, N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosyada Karya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. 1984. Interaksi dan Motivasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Bani.

Winkel, W. S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana

Indonesia.

Wiyono, B. B. 2003. Hubungan Lingkungan Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar

Siswa. Forum Penelitian Th 13 No.1, Juni 2003, hlm 26—36 ISSN 0215-8019. Malang: Lemlit UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License