PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN VIRUS BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS X MAN 1 MALANG

Samsul Bahri, Istamar Syamsuri, Susriyati Mahanal

Abstract


One of the efforts to achieve competence learn is though teaching activites of the students in the school MAN 1 Malang using teaching materials in the form of guided inquiry model based module on biodiversity and virus material. The purpose of this study are (1) produces a module for teaching materials in the form of virus based biodeversity and virus model of guided inquiry which is validated by an experts module materials and experts in the field of education; and (2) knowing the effectiveness of biodiversity and virus module model based guided inquiry to improve cognitive learning outcomes and science process skill of students in grade X MAN 1 Malang. This study is a research and development using the development model 4D (four D model) that has been developed by Thiagarajan (1974), which contained four steps: define, design, develop and disseminate. This research is only done to the extent of develop with limited trial of module product to the students of gade XI MIA MAN 1 Malang. The validation results of the module matter experts expressed feasibility level with presentations 90,38%, module expert 87,5%, an expert in the field of education 90.32% and limited trial 79,16%. Therefore, it was concluded that the teaching materials developed in the form of modules can be applied to study of biodeversity and virus levels SMA/MA.

Salah satu upaya mencapai kompetensi belajar ialah melalui kegiatan pengajaran terhadap siswa di sekolah MAN 1 Malang dengan menggunakan bahan ajar berupa modul berbasis model inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman hayati dan virus. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar berupa modul keanekaragaman hayati dan virus berbasis model inkuiri terbimbing yang layak dan tervalidasi oleh ahli materi, ahli modul dan ahli pendidikan di lapangan; dan (2) mengetahui tingkat keefektifan modul keanekaragaman hayati dan virus berbasis model inkuiri terbimbing untuk siswa kelas X MAN 1 Malang. Penyusunan modul menggunakan model pengembangan 4D (four D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974), terdiri dari empat tahapan pengembangan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran), namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap develop dengan melakukan uji coba produk modul secara terbatas. Metode penelitian ini terdiri dari 1) Penyusunan modul dan 2) menvalidasi modul dengan jumlah a) validasi oleh validator ahli materi, ahli modul, ahli pendidikan di lapangan dan b) uji coba terbatas terhadap produk modul pada siswa kelas XI MIA MAN 1 Malang. Hasil validasi modul dari ahli materi menyatakan tingkat kelayakan dengan persentase 90,38%, ahli modul 87,5%, ahli pendidikan di lapangan 90,32%, dan uji coba terbatas 79,16%. Dapat disimbulkan bahwa bahan ajar berupa modul yang dikembangkan dapat diterapkan pada pembelajaran keanekaragaman hayati dan virus tingkat SMA/MA.


Keywords


module; quided inquiry; biodiversity; virus modul; inkuiri terbimbing; keanekaragaman hayati; virus

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, W., Santoso, S. & Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, (Online), 5 (1): 81—95, (http://www.fikp.uns.ac.id, diakses 15 Mei 2015).

Corebima, A. D. 2010. Berdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Sains Demi Masa Depan Kita. Prosiding Seminar Nasional Sains 2010 Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Surabaya, 16 Januari 2010.

Depdiknas. 2008. Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gamaliel S. A. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Home Science Process Skill Dipadu dengan Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Kristen Petra Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Nurochma, R., Maridi., & Ariyanto, J. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Dengan Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Demonstrasi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten. Jurnal Pendidikan Biologi, (Online), 5 (1): 1—17, (http://www/fikp.uns.ac.id, diakses tanggal 15 Mei 2015).

Pusat Perbukuan dan Kurikulum. 2008. Instrumen Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdikbud.

Rustaman, N.Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Setyoko. 2014. Struktur Komunitas Makrozoobenthos di Area Mangrove Pantai Bukit Barisan Kabupaten Bengkalis sebagai Modul Ekologi Hewan di Perguruan Tinggi. Malang: Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M, I. 1974. Instruction Development for Training Teachers of Expection Childer. Minneapolis, Minnesot: Leadership Raining Institude/Spesial Euducation, University of Minnessota.

Yuniastuti, E. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-I Balikpapan. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online) April, Vol 14 No.1: 78—86, (http://www/Jurnal.upi.edu, diakses 15 Mei 2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License