PENGEMBANGAN BUKU TEKS GEOGRAFI DENGAN STRUKTUR PENULISAN ENSIKLOPEDIA

Iskandar Iskandar, Budijanto Budijanto, Ach. Amirudin

Abstract


Efficacy of study as a whole very depend on efficacy of teacher design study items. Difficulty of teacher for the mengkolaborasikan of study scientificly, obliging teacher to manage Iesson items which in it have to there are scientific element (perceiving, enquiring, eksploration, association, and communicate, see clarification at textbook of Geografi limited will very application difficult to to five the element in one Iesson items. Creativity learn very needed to develop the mareri. at, textbook of Geografi used by is student and teacher in school not yet included the overall of problems and phenomenon which can be analysed by student. Clarification at textbook still limited and still relate at cognate aspect of just student. Besides, clarification at textbook not yet can to instruct student learn scientificly. Overcoming the problems, require to the existence of development of textbook matching with requirement of student. Pursuant to assessment of student to enquette the alloted, amount of answer score the got to amount to 551, hence assessment of student to usage of textbook is (551:600) x 100 = 92% from which is expected (100%). obtained data of student at forming items and exploiting of land; ground is 92% with category very good. Comment and suggestion written by student made by consideration to complete textbook. Inferential that textbook needn't again there is reviseing related to overall of component in textbook.

Keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan sangat tergantung pada keberhasilan guru merancang materi pembelajaran. Kesulitan guru untuk mengkolaborasikan pembelajaran secara saintifik, mengharuskan guru untuk mengelola materi pelajaran yang di dalamnya harus terdapat unsur saintifik (mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan). Melihat penjelasan pada buku teks Geografi yang terbatas akan sangat sulit untuk mengaplikasikan ke lima unsur tersebut dalam satu materi pelajaran. Kreativitas guru sangat diperlukan untuk mengembangkan mareri tersebut. Buku teks Geografi yang digunakan guru dan siswa di sekolah belum mencakup keseluruhan fenomena dan permasalahan yang bisa dianalisis siswa. Penjelasan pada buku teks masih terbatas dan masih mengacu pada aspek kognitif siswa saja. Selain itu, penjelasan pada buku teks belum mampu untuk mengarahkan siswa belajar secara saintifik. Mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya pengembangan buku teks yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan penilaian siswa terhadap angket yang dibagikan, jumlah skor jawaban yang didapat berjumlah 551, maka penilaian siswa terhadap penggunaan buku teks adalah (551:600) x 100% = 92% dari yang diharapkan (100%). Data yang diperoleh dari siswa pada materi pembentukan dan pemanfaatan tanah adalah 92% dengan kategori sangat baik. Komentar dan saran tertulis oleh siswa dijadikan bahan pertimbangan untuk menyempurnakan buku teks. Dapat disimpulkan bahwa buku teks tidak perlu lagi ada revisi terkait dengan keseluruhan komponen dalam buku teks.


Keywords


textbook; encyclopaedia; buku teks; ensiklopedia

Full Text:

PDF

References


Banowati, E. 2007. Buku Teks dalam Pembelajaran di Kota Semarang. Jurnal Geografi. Vol. 4 No. 2.

Borg, W. R. & Meredith D.G. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Cholifatur, R.F. 2015. Pengaruh Penggunaan Ensiklopedia Bahan Praktikum Kelas XI terhadap Motivasi dan Hasil Belajar

Siswa Kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Depdiknas. 2008. Seri Bahan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP: Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat

Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Departemen Pendidikan Nasional.

Ferndon, J. 2000. In Touch With Nature Life In The Soil. Ensiklopedia Experimen Sains Kehidupan di dalam Tanah. Bandung: Examedia.

Gay, L.R., Mills, G.E. & Airasian, P.W. 2011. Educational Research Competencies for Analys and Applications, 10th Edition. New Jersey: Pearson.

Hastuti, K. P. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Geografi SMA/MA Kelas X Semester II pada Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan dengan Model Dick And Carey. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Muslich, M. 2010. Textbook Writing. Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press.

Sitepu, B.P. 2005. Memilih Buku Pelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur 4.

Sumarmi, dkk. 2001. Pencitraan Buku Teks Geografi SMU Berdasarkan Kurikulum 1994. Malang: Lemlit Universitas Negeri Malang.

Suyanto, dkk. 2000. Keefektifan Penggunaan Buku Pelajaran SLTP. Malang: Lemlit Universitas Negeri Malang.

Vanessa, G. 2013. Pembuatan Ensiklopedia Hewan Punah dan Terancam Punah Berbasis Web. Vol 2. No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License