PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN DENGAN STRATEGI PEMODELAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Fendy Yogha Pratama, Yuni Pratiwi, Kusubakti Andajani

Abstract


This research and development aims to produce instructional materials for exposition text writing which can improve students writing skill and environmental awareness. Research and development models used is the development model Four-D model (4D) from Thiagarajan, Dorothy, and Melvyn. 4D model consists of four stages, define, design, development and disemination. 4D models have been selected and systematic measures that are specifically designed to develop a teaching device. Results of readibility test, validation test, and testing of the product showed that the exposition text instuctional material can be implemented.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar bermuatan cinta lingkungan untuk siswa SMP kelas VII yang layak dari segi isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Model penelitian dan pengembangan dalam tulisan ini mengadaptasi Four-D Model milik Thiagarajan, Semmel, & Semmel (1974). Sesuai namanya, Four-D Model memiliki empat tahap, yaitu Define (penetapan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Model ini dipilih karena memiliki langkah-langkah dan yang dirancang khusus untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil uji keterbacaan, uji validasi, dan uji coba, bahan ajar ini layak untuk diimplementasikan.


Keywords


bahan ajar; teks eksposisi; muatan cinta lingkungan; strategi pemodelan

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1971. Social Learning Theory. New York: General Learning Press.

Kumala, F. N. 2013. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa Kelas 2 Semester 1 SDN Girimoyo 03. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Grafindo.

Muslich, M. 2008. Textbook Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer: Teori Grafis Komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sudaryanti & Kusrahmadi, S. D. 2011. Pengembangan Model Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Lokal Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pelangi Kependidikan: Majalah Ilmiah Kependidikan, (Online), XI (2): 13—24, (http://staff.uny.ac.id/files/131689699/), diakses 15 Mei 2015.

Suryaman, M. 2012. Petunjuk Praktis Penyusunan RPP Bahasa Indonesia SMP. (Online), (http://staff.uny.ac.id/materi-rpp-b-indonesia.pdf), diakses 4 September 2015.

Thiagarajan, S. Semmel, D. & Semmel M. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Minnesota: The Council for Exceptional Children.

Wiratno, T. 2014. Pembelajaran Berbasis Teks dengan Penerapan dan Penerapannya. Makalah disajikan dalam Seminar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks, Malang, 29 Oktober 2014.

Yale Center for Environmental Law & Policy. 2014. Environmental Performance Index: Full Report and Analysis. (Online), (epi.yale.edu/files/2014_epi_ report.pdf), diakses 10 Mei 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License