EFEKTIVITAS STUDENT WORKSHEET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Wahyu Islamul Hayati, Sugeng Utaya, I Komang Astina

Abstract


The mastering of geography matter need students critical thinking skills. Growing students critical thinking skills in learning geography can be achieved in learning that focus on problem solving the environment student. The research aims to test the effectiveness and know student respons in the student worksheet based on project based learning oriented to student critical thinking  who produced. Data collection method use the questionnaire and the trial was done to their students a class 36 students. Data analysis the results of the tryouts be done in descriptive quantitative. The research results show that: 1) the effectiveness student worksheet based on project based learning in developing the capacity to students critical thinking after learning had qualified is good, and 2) students response to student worksheet based on project based learning had qualified for worthy, it means student worksheet produced can received by students and learning activities easy was conducted using student worksheet.

Penguasaan materi geografi membutuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penumbuhan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran geografi dapat dilakukan melalui pembelajaran yang fokus pada pemecahan masalah lingkungan sekitar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas dan mengetahui respon siswa terhadap produk Student Worksheet berbasis Project Based Learning berorientasi pada berpikir kritis (critical thinking) siswa yang dihasilkan. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan uji coba dilakukan pada siswa satu kelas sebanyak 36 siswa. Analisis data hasil uji coba dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat efektivitas Student Worksheet berbasis Project Based Learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran memiliki kualifikasi berpikir kritis baik, dan 2) tingkat respon siswa terhadap Student Worksheet berbasis Project Based Learning memiliki kualifikasi layak, artinya LKS yang dihasilkan dapat diterima oleh siswa dan kegiatan pembelajaran mudah dilaksanakan dengan menggunakan LKS.


Keywords


student worksheeet; critical thinking; project based learning; berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Dewanti, S. S. 2012. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika sebagai Calon Pendidik Karakter Bangsa melalui Pemecahan Masalah. Jurnal tidak diterbitkan.Yogjakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Ennis, R. H. 1985. A Logical Basis For Measuring Critical thinking Skills Association for Supervision and Curriculum Development.

Hasruddin. 2009. Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa. PPS UNIMED Vol.6 No.5.

Idayanti, Y, dkk. 2014. Pengembangan LKS Project Based Learning Bermuatan Sikap Spiritual Sosial Dengan Penilaian Otentik. Jurnal tidak diterbitkan. Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Johnson, E. B. 2008. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MLC.

Kemendikbud. 2013. Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Martawijaya, Muhammad Agus. 2015. Karakter Peserta Didikdan Hubungannya dengan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika Siswa SMP. FMIPA Universitas Negeri makassar: Journal of EST, Volume 1, Nomor 2,. September 2015 hal 1—7, ISSN: 2460-1497.

Muhtar, T. 2014. Analisis Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Aspek Nilai Karakter Bangsa. UPI Bandung: Mimbar Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2 Oktober 2014 (hal 168—175).

Murti, B. 2015. Critical thinking. Hand Out. Universitas Sebelas Maret.

PISA. 2012. Results in Focus: What 15-Year-Olds Know and What They Can Do With What They Know, (Online), (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf). diakses 25 Oktober 2015.

Prastowo, Andy. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: menciptakan metode pembelajaran yang menarik & menyenangkan (editan ke 7). Yogyakarta: Diva Press.

Rosnawati, R. 2014. Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Pembentukan Karakter Siswa. Yogjakarta: Pendidikan Matematika UNY Semnas Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media.

Trianto. 2011. LKS Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publizer.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License