PERAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN PERILAKU HIDUP SEHAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI MULTI SITUS DI SD NEGERI 6 MATARAM DAN SD NEGERI 41 MATARAM KOTA MATARAM NUSA TENGGARA BARAT)

Satria Irwandi, Nurul Ufatin, Sultoni Sultoni

Abstract


The purpose of this study is to describe to describe the role of schools in developing healthy life styles in elementary school students. This study used a qualitative approach using multi-site study design. The study was conducted in SDN 6 and 41 Mataram, Mataram, NTB. Data were collected research data with interview techniques, observation and documentation. Data were analyzed by analysis of single site and site traffic analysis. Checking the validity of the data is done by three criteria namely credibility, dependability, and confirmability. The results show that the school program with surgery ants, Saturday clean, flag ceremony, morning gymnastics, praying together, and UKS Aubade, an effective activity to foster healthy behavior, which involves the role of school principals, teachers and school personnel. The activity was supported by facilities and infrastructure in schools. Curriculum and learning environment (PLH) as local content. Awards to students such as praise and attention is given to students who behave in a healthy life while in school sanctioned verbal warning given to students who violate.

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Penelitian dilakukan di SDN 6 dan 41 Mataram, kota Mataram, NTB. Data penelitian dikumpulkan data penelitian dengan tehnik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tiga kriteria, yakni kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasilnya menunjukkan bahwa program sekolah berupa operasi semut, sabtu bersih, upacara bendera, senam pagi, doa bersama, aubade dan UKS, merupakan kegiatan yang efektif untuk menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat, yang melibatkan peran kepala sekolah, guru dan personil sekolah. Kegiatan tersebut ditunjang dengan sarana dan prasarana di sekolah. Kurikulum dan pembelajaran lingkungan hidup (PLH) sebagai muatan lokal. Penghargaan kepada siswa seperti pujian dan perhatian diberikan kepada siswa yang berperilaku hidup sehat di sekolah, sedangkan sanksi berupa peringatan secara lisan diberikan kepada siswa yang melanggar.


Keywords


role of schools; healthy behavior; elementary school students; peran sekolah; perilaku hidup sehat; siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Arifin, I. 2007. Strategi Kepala Sekolah Capai Prestasi Juara UKS Nasional Kasus TK Anak Saleh Malang. Malang: Aditya Media.

Andriyani, F. 2015. Teori Belajar Behavioristik dan Pandangan Islam tentang Behavioristik. Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam Saikhuna, (Online), 10:165—180 (ejournal.kopertais4.or.id), diakses 30 Maret 2016.

Achadi, E. dkk. 2010. Sekolah Dasar Pintu Masuk Perbaikan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Gizi Seimbang Masyarakat.

Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 5, No. 1, Agustus 2010.

Bafadal. I. 2014. Manajemen perlengkapan sekolah, teori dan aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Cowie. H. et. al. 2004. Emotional Health and Well-being. a Practical Guide for Schools. London. Paul Chapman Publishing.

Krianto. T. 2009. Perilaku Hidup Bersih Sehat dengan Pendekatan Partisipatif. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 3, No. 6, Juni 2009.

Lautloly, I. K. 2014. Hubungan peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Kinerja Guru dengan produktivitas SMA di Kabupaten Buru Selatan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Notoatmodjo, S, dkk. 2012. Promosi Kesehatan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Pramono, A. 2011. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melaksankan Program Sekolah cuma-cuma dan Memberdayakan Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus di SMP Harapan I Dlanggu Mojokerto). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Seqyon. Y. A. 2013. Peran Kepala Sekolah dalam Pembaharuan Kurikulum Berbasisi Integrated Curriculum (Studi Multi Situs Paud dan SD Adiwiyata dan Paud dan SD adibudaya di Malang). Tidak terpublikasi. Universitas Negeri Malang.

Sonhadji, A. 2014. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang. Universitas Negeri Malang.

Sonhadji, A. Huda K.Y. 2014. Asesmen Kebutuhan, Pengambilan keputusan, dan Perencanaan. Matarantai dalam Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: Refika Aditama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License