FAKTOR-FAKTOR PENENTU DAYA TARIK WISATA BUDAYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan faktor penentu daya tarik wisata budaya yang terdiri dari ke enam faktor yaitu faktor budaya, keunikan, promosi, keramahtamahan, biaya, dan kualitas layanan dan mengetahui daya tarik wisata berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharu bahri asali fadhoilir rohmah. Sampel penelitian ini adalah wisatawan yang berunjung ke objek wisata sejumlah 250 wisatawan. Jenis penelitian adalah expos fakto dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan analisis faktor eksploratori deskriptif dan regresi yang berlokasi di Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya menjadi faktor yang paling dominan yang menjadi pertimbangan wisatawan dan terdapat pengaruh positif signifikan antara budaya terhadap kepuasan wisatawan sebesar 23,3%.
The purpose of this study was to determine the state of the determinants of cultural tourist attraction consisting of six factors cultural factors, uniqueness, promotional, hospitality, costs, and quality of service and know tourist attraction affect positively significant to the satisfaction of tourists to visit Ponpes Biharu bahri fadhoilir Rohmah default. The sample was berunjung traveler to some 250 tourist attractions. This type of research is expos facto with quantitative research using descriptive exploratory factor analysis and regression located in Malang. The results showed that cultural factors into the most dominant factor into consideration tourists and there is a significant positive influence of culture on satisfaction rating of 23.3 %.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kotler, P & Amstrong. 2009. Marketing an Introduction, Ninth Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Parasuraman, Zethaml and Berry, 1988. SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measureing Customer Perceptions of Service Quality. Jurnal of Retailing. Vol.64, Spiring, PP 12—40.
Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.
Undang-undang No 10 tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |