UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)

Lely Grace Damayani Hutahaean, Akbar Sutawidjaja, Hery Susanto

Abstract


The purpose of this study is to describe Think Pair Share (TPS) learning, which can improve students' ability in mathematic story problems probability material. According to the purpose of the research, the type of the research is descriptive qualitative. The subjects of the research is 30 students of SMK Telkom Malang. The learning phases in this research is (1) Think, (2) Pair, (3) Share. Student’s ability to solve story problems include (1) understanding the problem, (2) change the problem to mathematic model form, (3) making solution, (4) write the final answer accurately. The results of the research is the level of students have the ability to solve mathematic story problem at probability material is 80%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi peluang.Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitiannya adalah siswa SMK Malang dengan banyak siswa 30 orang. Tahap pembelajaran dalam penelitian ini adalah (1) Think, (2) Pair, (3) Share. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita meliputi (1) memahami soal, (2) mengubah soal ke bentuk model matematika, (3) membuat penyelesaian, (4) menulis jawaban akhir dengan tepat. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Peluang adalah sebesar 80%.


Keywords


Math Story Problems; Probability; TPS; Soal Cerita Matematika; Peluang

Full Text:

PDF

References


Adhinata, R. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Memahamkan Materi Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas X SMKN 1 Blitar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Brown, M., Peter. B., Tamara. B 2008. I would rather die: reasons given by 16-years-olds for not continuing their study of mathematics. Research in Mathematics Education, Volume 10, Issue 1. (online), (http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/14794800801915814), diakses 18 September 2014.

Chotimah, C. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Setting Kooperatif Thik-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas VIII-A SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Darmono, P. B. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kombinasi Think Pair Share dan Cheks pada Materi Segitiga. Ejournal Umpwr.Ac.Id. (online), (http://Ejournal.Umpwr.Ac.Id/Index.Php/Ekuivalen/Article/View/1121/1058), diakses 15 Desember 2014.

Faizah, N. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Balok bagi Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Pasuruan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Haghverdi, M., Ahmad, S.S., Mohamad.S. 2011. The Examining Two Approaches For Facilitating The Process of Aritmetich Word Problems Solving. International Journal For Studies in Mathematics Education, volume 4(1). (online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&uact=8&ved=0CEEQFjAF&url=http%3A%2F%2Fwww.researchgate.net%2Fprofile%2FMajid_Haghverdi%2Fpublication%2F215826624_The_examining_two_approaches_for_facilitating_the_process_of_arithmetic_word_problems_solving%2Flinks%2F004635155b03b18edf000000.pdf&ei=xhc9VdzZBYu4uASDqoEQ&usg=AFQjCNGmnkNIOAZxHBVScxcDC4HAvdvNBA&bvm=bv.91665533,d.c2E), diakses 26 April 2015.

Kemendikbud. 2013. Matematika untuk SMA/MA/SMK/MK Kelas X. Jakarta: Kemendikbud

Mazidah,N. 2015. Pengembangan Buku Siswa SMK pada Materi Peluang yang Bercirikan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kontekstual. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Murtati. 2014. Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Datar Segiempat dan Segitiga melalui Pembelajaran Problem Posing Setting Kooperatif di SMPN 1 Jabung Kabupaten Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Nafi’an, M.I. 2011. Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gender Di Sekolah Dasar. Prosiding ISBN: 978-979-16353-6-3. (online), (http://eprints.uny.ac.id/7413/1/p-53.pdf), diakses 25 April 2015.

Pandya, S. 2011. Interactive Effect Of Cooperative Learning Model And Learning Goals Of Students On Academic Achievement of students in Mathematics. Mevlana International Journal of Education (MIJE), Vol. 1(2), pp.27-34. (online), (http://mije.mevlana.edu.tr/archieve/issue_1_2/3.mije_11_04_volume_1_issue_2_page_27_34.pdf ), diakses 03 Maret 2015.

Rindyana, B. S. B & Tjang D. C. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal-online. um. ac. id (online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel1B38E977F3512C05B4DF6426CD3B167F.pdf), diakses 16 Desember 2014.

Sahid, R. 2011. Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles dan Huberman. (online). (http://sangit26.blogspot.com/2011/07/analisis-data-penelitian-kualitatif.html), diakses tanggal 13 Desember 2014.

Sampsel, A. 2013. Finding The Effects Of Think-Pair-Share on Student Confidence and Participation. Bowling Green State University ScholarWorks@BGSU (online), (http://scholarworks.bgsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1029&context=honorsprojects), diakses 01 Maret 2015.

Seifi, M., Majid, H., Fatemeh, A. 2012. Recognition Of Student’s Difficulties In Solving Mathematical Word Problems From The Viewpoint Of Teachers. Journal of Basic and Applied Sientific Research, 2 (3). (online), (http://www.researchgate.net/profile/Majid_Haghverdi/publication/261548865_Recognition_of_Students_Difficulties_in_Solving_Mathematical_Word_Problems_from_the_Viewpoint_of_Teachers/links/0f31753491034390c1000000.pdf ) diakses 25 April 2015.

Simanjuntak, W. F. 2014. Penerapan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Memahamkan Trigonometri Siswa Kelas X – 1 SMA Negeri Pamukan Utara. Tesis tidak diterbitkan: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Suprapto. 2013. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 5 Penajam menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square. Tesis tidak diterbitkan: Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sutisna. 2010. Analisis kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas IV MI YAPIA Parung-Bogor. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3256), diakses 15 Desember 2014.

Utami, S. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share) Melalui Identifikasi Tahapan Newman untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Verowita, W., Dewi, M., Mirna. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1 No. 1 Part 3. (online), (file:///C:/Users/Vita/Downloads/1177-2537-1-SM.pdf), diakses 23 November 2015.

Wahyudi, B. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kemampuan Afektif Siswa Kelas X TKJ B pada Materi Program Linear di SMK Negeri 8 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License