KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP-TIMED PAIR SHARE (REMAP-TMPS)

Fatia Rosyida, Siti Zubaidah, Susriyati Mahanal

Abstract


The purpose of this study was to determined the effect of Reading-Concept Map-Timed Pair Share (Remap-TmPS) learning to the metacognitive skills and cognitive learning outcomes. The research is a quasi-experimental research with Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The research sample is X MIA 2 class and X MIA 3 of SMAN 2 Batu. .Data from metacognitive skills and cognitive learning outcomes obtained from essay tests. This data analyzed using anacova test. The results showed that Remap-TmPS affect the metacognitive skills and cognitive learning outcomes of students.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Reading-Concept Map-Timed Pair Share (Remap-TmPS) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretes-Postest Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 2 dan X MIA 3 di SMAN 2 Batu. Data keterampilan metakognitif  dan hasil belajar kognitif diperoleh dari tes essay. Data tersebut dianalisis mengunakan uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran biologi berbasis Remap-TmPS berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa.


Keywords


Remap-TmPS; Metacognitive skills; Cognitive learning outcomes; Keterampilan Metakognitif,; Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References


Antika, L. T. 2015. Hubungan antara Minat Baca, Keterampilan Metakognitif, dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (TPS). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Antika, L. T., Corebima, A. D., dan Zubaidah, S. Pengaruh Pembelajaran Biologi berbasis Reading-Concept Map-STAD terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Symposium on Biology Education (Symbion) di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta pada tanggal 4 April 2015.

Chisholm, J.M. 1999. The Effect of Metacognition, Critical Thinking, Gender and Gender Role Identification on Academic Achievement in The Middle Years. Thesis. Halifax, Nova Scotia: mount Saint Vincent University.

Collins, N. 1994. Metacognition and Reading to Learn. (Online), (http://www.ed.gov/databases/ERIC_Digests/ed376427.html), diakses 19 Mei 2016.

Corebima, A. D. 2006. Metakognisi: Suatu Ringkasan Kajian. Makalah pada Pelatihan Strategi metakognitif pada Pembelajaran Biologi untuk Guru-Guru Biologi SMA di Kota Palangkaraya, 23 Agustus 2006.

Corebima, A. D. 2009. Metacognitive Skills Measurement Integrated in Achievement Test. Makalah disajikan dalam Third International Conference on Science and Mathematics Education (CosMEd). Malaysia. 10—12 November.

Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Bandung: P2LPTK.

Dinnurriyah, M. S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Numbered Heads Together (Remap NHT) Terhadap Minat Baca, Kemampuan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Efendi, N. 2013. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik Berbeda di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3 (2):85—109.

Flavell, J.H. 1979. Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive developmental inquiry. American Psychology. 34(10): 906—911.

Gurlitt, J. & Renkl, A. 2009. Prior Knowledge Activation: How Different Concept Mapping Tasks Lead to Substantial Differences in Cognitive Processes, Learning Outcomes, and Perceived Self-Efficacy. Instructional Science: An International Journal of the Learning Sciences July 2010, 38(4), 417—433.

Habibah, K. N. 2015. Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif pada Penerapan Strategi Pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Kritis melalui Pertanyaan) Dipadu TPS (Think Pair Share) pada Siswa Kelas XI IPA di Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Imani, Z., dkk. 2011. The Effect of Teaching Metacognition Strategies on Time Management. Jourbal of Life Science and Biomedicine ISSN 2251-9939, 3(3): 221—228.

Kartika, E. 2004. Memacu Minat Membaca Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur. Desember 2004.

Lai, E. R. 2011. Metakognition: Literature review, (Online), (https://moodle.elac.edu/pluginfile.php/111973/mod_resource/content/0/ Metacognition_Literature_Review_Final.pdf), diakses 10 Oktober 2015.

Livingston, J.A. 1997. Metakognition: An Overview, (Online), (http://gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.htm), diakses 11 Juni 2015.

Mahanal, S. 2009. Pengaruh penerapan perangkat pembelajaran deteksi kualitas air sungai dengan indikator biologi berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa SMA di Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mistianah, Corebima, A. D., dan Zubaidah, S. 2015. Perbedaan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi antara Siswa yang diberi Model Pembelajaran Reading Concept Map GI dengan Reading Concept Map Jigsaw di SMA Negeri Kota Malang. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Symposium on Biology Education (Symbion) di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta pada tanggal 4 April 2015.

Nakagawa, J.J .2003. Spencer Kagan's Cooperative Learning Structures, (Online), (http://jalt.org/pansig/PGL2/HTML/Nakagawa.htm), diakses tanggal 1 juli 2015.

Pangestuti, A. A., Mistianah, Corebima, A. D., dan Zubaidah, S. 2014. Using Reading-Concept Map-Times Games Tournament (Remap-TGT) t0 Improve Reading Interest of Tenth Grade Student of Laboratory Senior High School State University of Malang. American Journal of Educational Research, 3 (2): 250—254.

Rahman, U. F, dkk. 2010. Impact Of Metacognitive Awareness On Performance Of Students In Chemistry. Contemporary Issues In Education Research, 3 (10): 39—44.

Setiawan, D. 2015. Hubungan Antara Minat Baca terhadap Keterampilan Metakognitif pada Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map Think Pair Share Kelas X SMA Negeri di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sholihah, M. dkk. 2015. Keterampilan metakognitif Siswa SMA Negeri Kota Batu pada Matapelajaran Biologi. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Workshop Nasional Biologi dan Pembelajarannya ke-2. Jurusan Biologi FMIPA UM. Malang, 16—17 Obtober 2015.

Vanides, dkk. 2005. Using Concept Map in the Science Classroom. Science Scope, (Online), 28 (8):27—31, (http://web.stanford.edu/dept/SUSE/SEAL/Reports_Papers/Vanides_CM.pdf), diakses 25 Juni 2015.

Wicaksono, A. G. C. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching di Kabupaten Malang. Tesis tidak ditebitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Yulianto, R. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Metakognitif, Kemampuan Berpikir, dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Pujon dengan Kemampuan Akademik Yang Berbeda. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Zubaidah, S. 2014. Pemberdayaan Keterampilan Penemuan dalam Scientific Approach melalui Pembelajaran Berbasis Remap Coople. Prosiding Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License