MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP-RECIPROCAL TEACHING (REMAP RT)

Maratus Sholihah, Siti Zubaidah, Susriyati Mahanal

Abstract


Metacognitive skills to help students become self regulated learner and to understand concept better, but not many empowered learning. Metacognitive skills and cognitive learning outcomes of students expected to be empowered in learning with Reading Concept Map-Reciprocal Teaching (Remap RT). The purpose of this research is to empower metacognitive skills and cognitive learning outcomes by implementing Remap RT. This type of research is a quasy experiments on 60 students in SMAN 2 Batu. Metacognitive skills and cognitive learning outcomes were measured by using essay test and then analysed by metacognitive skills measurement that develop by Corebima (2009). The results showed that Remap RT potentially increases the metacognitive skills and cognitive learning outcomes of students compared to the conventional strategy.

Keterampilan metakognitif dapat membantu siswa menjadi pebelajar mandiri dan mampu memahami konsep lebih baik, namun belum banyak diberdayakan dalam pembelajaran. Keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa diharapkan dapat diberdayakan dalam pembelajaran, salah satunya dengan model Reading Concept Map-Reciprocal Teaching (Remap RT). Tujuan penelitian adalah memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif dengan menerapkan Remap RT. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen pada 60 siswa di SMAN 2 Batu. Keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes essay, yang selanjutnya dianalisis dengan rubrik metakognitif yang dikembangkan oleh Corebima (2009). Hasil penelitian menunjukkan Remap RT dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa lebih tinggi dibandingkan strategi konvensional.


Keywords


Remap RT; metacognitive skills; cognitive learning outcome; keterampilan metakognitif; hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

References


Adhani, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Kemampuan Akademik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Aktivitas Lisan, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI Semester Genap di SMA Kabupaten Takalar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Antika, L. T. 2015. Hubungan Antara Minat Baca, Keterampilan Metakognitif, dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Berbasis Reading Concept Map Think Pair Share (TPS). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Barnes, S. F. 2007. Essential Life Skills. (Online). (http://interwork.sdsu.edu/elip/bve/documents/EssentialLifeSkills_000.pdf), diakses tanggal 14 Mei 2016.

Carter, C. J. & Fekete, D. F. 1993. Reciprocal Teaching: The Application of a Reading Improvement Strategy on Urban Student In Highland Park Michigan. Michigan: International Bureau of Education.

Corebima, A. D. 2005. Pelatihan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) pada Pembelajaran bagi Para Guru dan Mahasiswa Sains Biologi dalam Rangka RUK VA 25 Juni.

Corebima, A.D. 2009. Metacognitive Skill Measurement Integrated in Achievement Test. (Online). (http://www.recsam.edu.my/cosmed/cosmed09/AbstractsFullPapers2009/Abstract/Science%20Parallel%20PDF/Full%20Paper/01.pdf), diakses 20 Juni 2015.

Davies. 1997. Introducing Reading. New York: Penguin English.

Dinnurriya, M. S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map Numbered Heads Together (Remap NHT) terhadap Minat Baca, Kemampuan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Eggen, P. D. & Kauchak, D. P. 1996. Strategies for Teacher: Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Allyn and Bacon.

Gurlitt, J., dan Renkl, A. 2009. Prior Knowledge Activation: How Different Concept Mapping Tasks Lead to Substantial Defferences in Cognitive Processes, Learning Outcomes, and Perceived Self Efficacy. Instructional Science. July 2010, 38 (4):417—433.

Imel, S. 2002. Metacognition Background Brief from the QLRC News Summer 2004. (Online). (http://www.cete.org/acve/docs/ tia. 0017.pdf.), diakses 10 September 2015.

King, A. 1991. Effects of Training in Strategic Questioning on Children’s Problem-Solving Performance. Journal of Education Psycology. 83 (3): 307—317.

Palincsar, A. S. 2002. Reciprocal Teaching: Teacher and Student Use Prior Knowledge and Dialogue to Construct a Shared Meaning of the Text and Improve Reading Comprehension. (Online). (http://www.sdcoe.k12.ca.us/score/promising/ tips/rec.html), diakses 20 April 2016.

Palincsar, A. S. dan Brown, A. 1984. Reciprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension-Monitoring Activities. Lawrence Erlbaum Associates, 1 (2): 117—175.

Pangestuti, A. A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis, Metakognitif, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pangestuti, A. A., Mistianah, Corebima, A. D., Zubaidah, S. 2015. Using Reading-Concept Map-Teams Games Tournament (Remap-TGT) to Improve Reading Interest of Tenth Grade Student of Laboratory Senior High School State University of Malang. American Journal of Educational Research. 3 (2): 250—254.

Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohmawati, I. 2011. Peningkatan Pemahaman Siswa dengan Metode Penugasan Peta Konsep pada Konsep Sistem Peredaran

Darah. Skripsi diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sholihah, M., Zubaidah, S., Mahanal, S. 2015. Keterampilan metakognitif Siswa SMA Negeri Kota Batu pada Matapelajaran Biologi. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Workshop Nasional Biologi dan Pembelajarannya ke-2. Jurusan Biologi FMIPA UM. Malang, 16—17 Obtober 2015.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukardi, A. D. 2015. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Prajekan Bondowoso. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Suratno. 2010. Memberdayakan Keterampilan Metakognisi Siswa dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw-Reciprocal Teaching (JIRAT). Jurnal Ilmu Pendidikan. Juni 2010, 17 (2): 150—156.

Zubaidah, S. 2014. Pemberdayaan Keterampilan Penemuan dalam Scientific Approach Melalui Pembelajaran Berbasis Remap Coople. Makalah disajikan pada Seminar Nasional XI bertema Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya di Universitas Sebelas Maret pada tanggal 7 Juni 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License